Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Distanak Sulut Akan Buka Lahan Baru Tunjang Swasembada Beras

Tonny Sumakul   |   30 Juli 2012 – 14:27 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Guna menunjang tercapainya program Swasembada beras yang terus digaungkan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sulut, menyiapkan program membuka lahan baru untuk arel persawahan.

Menurut Kepala Ditanak Sulut Ir. Johanis Panelewen, penambahan lahan baru itu, sekitar 700 hektar. Kata dia, walaupun dinilai kecil, namun akan dapat membantu meningkatkan produksi beras di daerah ini.

“Program pembukaan lahan baru ini, diharapkan akan dapat meningkatkan produksi beras, guna terwujudnya program swasembada beras,” ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, pada rencana produksi beras tahun 2012 ini di Sulut, akan mencapai 615.121 ton gabah kering giling. Dan hinggah kini, produksinya telah mencapai 305.605 ton gabah kering giling.

“Produksi kita akan meningkat, sebab dibandingkan dengan kebutuhan beras di Sulut tiap tahunnya, ada pada angka 320.000 ton gabah kering giling,” terang Panelewen.

Ia menambahkan, pihaknya juga berharap, agar Pemkab dan Pemkot di Sulut, untuk melakukan berbagai program, untuk memacu para petani agar dapat meningkatkan produksi berasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading