Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Distributor Diingatkan Tidak Menaikkan Harga Kebutuhan

Staff Manado Today   |   1 Agustus 2011 – 13:30 WITA

Manado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Manado, Sulawesi Utara mengingatkan semua distributor bahan kebutuhan pokok agar tidak menaikkan harga menjelang hari besar keagamaan.

“Menjelang Idul Fitri yang didahului oleh puasa Ramadhan, kami sudah mengirimkan surat kepada semua distributor di Manado dan menyampaikan peringatan pemerintah secara resmi agar tidak menaikan harga pangan,’ kata Kepala Disperindag Manado, Fanny Sirang, di Manado.

Ia mengatakan bahwa langkah ini ditempuh pemerintah untuk menstabilkan harga sekaligus mencegah kenaikan harga bahan pokok di pasaran sehingga tidak akan menyusahkan masyarakat apalagi warga yang kemampuan ekonominya lemah.

Sirang mengatakan, hal ini adalah upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat ekonomi sekaligus untuk mencegah terjadinya penimbunan yang bisa dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab, yang hanya mencari keuntungan sendiri, saat masyarakat sedang perlu.

“Pemerintah berharap dengan adanya langkah ini, maka masyarakat akan merasa tenang dan tidak khawatir kekurangan bahan kebutuhan pokok dan juga bisa mendapatkannya dengan harga yang wajar, serta tetap banyak di pasaraan,” katanya menambahkan.

Sirang juga mengatakan bahwa selain menyurati para distributor, pihaknya juga terus memantau secara langsung ketersediaan bahan pokok di pasaran Jika ada yang mulai menipis, mereka langsung minta distributor menambah pasokan sehingga keadaan tetap normal.

Selain menyurati distributor dan memantau kondisi pasar secara intensif, ia mengatakan bahwa pasar murah menjadi cara pemerintah menstabilkan harga seluruh kebutuhan pokok di pasaran tradisional maupun modern.

Di tempat terpisah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado dari Partai Amanat Nasional (PAN) Boby Daud mengatakan, Dewan sudah mengingatkan Disperindag Manado agar memperhatikan masalah ini dan melakukan pemeriksaan lapangan, untuk mencegah adanya upaya menaikan harga sepihak oleh distributor.

“Jangan sampai momentum ini dimanfaatkan pengusaha nakal menimbun sembako untuk cari keuntungan dan menjual barang-barang kedaluwarsa sehingga merugikan masyarakat khususnya yang akan berhari raya, kami minta hal ini diperhatikan dengan benar oleh pemerintah termask pengusaha,” kata Daud.

Bahkan ia mengatakan sudah mengusulkan kepada pimpinan komisi supaya mengajak Disperindag unuk sama-sama turun lapangan memeriksa apakah ada barang-barang kedaluwarsa dan rusak yang dijual atau tidak serta memastian harga kebutuhan pokok stabil atau tidak.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading