Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Ditambah Burung Maguni, Lambang Kota Manado di TKB Disoal

Aldi Mawitjere   |   15 Desember 2011 – 21:04 WITA

Manado, MCT – Ketua Komisi A DPRD Manado Sultan Udin Musa SH, mempersolkan lambang Kota Manado yang berada di pintu masuk Taman Kesatuan Bangsa (TKB). Pasalnya, lambang tersebut sudah ditambah burung Manguni di atasnya.
Menurut personil partai golkar tersebut, lambang kota manado tersebut tidak boleh ditambah seperti yang berada di TKB itu.
Lambang kota Manado yang ada di pintu masuk Taman Kesatuan Bangsa (TKB) ternyata sudah ditambah dengan seekor burung Manguni yang ditaruh diatasnya.
“Itu sudah menyalahi aturan. Karena lambang kota Manado didalamnya sudah ada burung Manguni, buat apa ditaruh lagi burung Manguni diatas lambang kota Manado,” tandas Musa.
Lanjut dikatakannya, lambang kota Manado, yang berbentuk perisai itu, memiliki delapan sub bentuk serta sejumlah makna yang menjadi cirri khas seputar kehidupan warga dan melambangkan arti dari nasionalis.
“Burung Manguni dalam sikap terbang melambangkan kebudayaan asli suku Minahasa,”katanya.
Musa juga menjelaskan, ada tulisan ‘Sitou Timou Tumou Tou’, di bagian bawahnya nampak gambar laut, melambangkan Kota Manado merupakan bandar pelabuhan dan perdagangan, tombak bertiga puncak melambangkan ketiga pakasaan.
“Ada empat garisan gelombang melambangkan suku-suku Sangihe Talaud, Minahasa, Bolaang Mongondow, dan Gorontalo yang merupakan unsur utama penduduk Sulawesi Utara (Sulut) dengan Kota Manado sebagai Ibukota Propinsi Sulut dan pegunungan melambangkan keadaan bumi Kota Manado,” ucapnya.
Sehingga itu tambahnya lagi, kalau lambang kota Manado masih juga ditambah dengan burung Manguni diatasnya, sudah sangat tak tahu aturan yang membuatnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading