Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa

Dorongan Ekonomi, Pemicu Kasus Trafficking di Minahasa

Redaksi Manado Today   |   9 Maret 2011 – 01:20 WITA

Manado Today – Banyaknya kasus trafficking yang terjadi di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), ternyata lebih disebabkan oleh dorongan ekonomi.

“Setelah kami banyak berkomunikasi dengan orang tua korban trafficking, ternyata akibat kondisi ekonomi sehingga banyak perempuan lebih suka diajak kerja diluar daerah,” kata anggota DPRD Minahasa, Ivone Andris, di Manado, Selasa tadi.

Padahal para korban tersebut merupakan wanita-wanita dibawah umur yang sebenarnya tidak tahu apa yang akan dikerjakan ketika dikirim keluar daerah. Dan informasi didapat lebih banyak sebagai pekerja malam, baik itu pub, diskotik hingga tempat-tempat untuk memenuhi kebutuhan “hidung belang”.

Daerah-daerah tujuan seperti Provinsi Papua, Kepulauan Riau, pulau Jawa dan sebagainya, merupakan tempat-tempat tujuan trafficking yang dianggap bisa menghasilkan uang banyak.

“Memang akibat minimnya pendidikan yang diterima para korban trafficking membuat mereka tergiur dengan bujuk rayu para oknum-oknum tidak bertanggung jawab,” katanya.

Bahkan beberapa orang tua dari korban trafficking ketika hendak diberitahu dampak dari kerja diluar tanpa keahlian dan sebagainya, malah balik memarahi dengan alasan siapa yang akan menanggung ekonomi keluarganya.

“Kami sangat takut jangan sampai lolos ke daerah tujuan lalu dijadikan pekerja seks. Untung saja pihak kepolisian selalu cekatan mencegah kegiatan itu,” ujarnya.

Anggota DPRD Minahasa lainnya, Linda Sajouw meminta kepada orang tua agar selalu hati-hati menerima bujuk rayu oleh oknum-oknum tertentu untuk memboyong anak-anak perempuan bekerja diluar daerah tanpa ada kejelasan resmi. “Bahkan kerja diluar harus disertai dengan dokumen resmi sehingga tidak menimbulkan kesan trafficking,” ujarnya. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading