Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut, Headline

DPR Sulut Minta Desain Konstruksi Tailing Dam PT MSM

Redaksi Manado Today   |   17 April 2011 – 20:30 WITA

Manado Today – DPRD Sulawesi Utara meminta gambar konstruksi dam tailing atau tempat pembuangan limbah kepada PT Meares Soputan Minning (MSM) sebelum beraktivitas di wilayah tambang Toka Tindung, Minahasa Utara.

“DPRD memang berkewajiban meminta gambar konstruksi dam limbah, guna mengetahui sejauh mana kesiapan pencegahan dari dampak berbahaya itu,” kata Ketua Komisi III DPRD Sulut Sherpa Manembu, di Manado, Minggu.
Pihak wakil rakyat itu dalam waktu dekat akan melakukan dengar pendapat dengan PT MSM terkait rencana pengoperasian tambang emas di Minahasa utara, sekaligus meminta penjelasan atas penolakan warga terkait dam limbah tailing.
“Ada sekitar 500 warga dari Desa Winuri, Wineru dan Maen membawa aspirasi ke DPRD Sulut menolak dam limbah tailing, sehingga kami perlu mendengar penjelasan juga,” jelasnya lagi.
Sementara itu, hingga kini pihaknya belum tahu jelas soal teknologi yang digunakan oleh PT MSM dalam membangun dam tailing, seperti potongan konstruksi digunakan nanti.
Sedangkan terkait permintaan warga agar PT MSM secepatnya memindahkan dam tailing yang menurut warga berada di atas puncak pemukiman penduduk itu harus diputuskan secara ilmiah terlebih dahulu.
“Setahu kami, untuk dipindahkan pembuangan limbah ke laut, jelas menyalahi aturan lingkungan. Untuk itu, terkait permintaan masyarakat harus ada penelitian mendalam,” ungkap anggota DPRD Sulut lainnya Edison Masengi.
Sebelumnya Humas Area PT MSM, Inyo Rumondor mengatakan, limbah tailing hasil pengolahan emas PT MSM di Likupang, Minahasa Utara, sudah melalui proses Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dari pemerintah.
“Penetapan tailing di darat (tailing storages facilities) sudah melalui kajian matang. Pihak pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian ESDM telah memberikan rekomendasi sehingga harus dilakukan,” katanya.
Tim PT MSM dan sejumlah pakar dari dalam dan luar negeri melakukan presentasi di hadapan Komisi Keamanan Bendungan (KKB) termasuk revisi desain yang dilakukan selama enam bulan. (ant/her)
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading