Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

DPRD Bakal FPT 15 Calon Anggota KIP

Staff Manado Today   |   28 April 2011 – 15:26 WITA

Manado Today – Sebanyak 15 nama calon anggota Komisi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Sulawesi Utara (Sulut) berencana mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPRD setempat, guna menjaring lima nama menjadi anggota komisioner di daerah.“Kami sudah menerima nama-nama yang lolos seleksi dari Gubernur Sulut untuk ikut uji kepatutan dan kelayakan di DPRD Sulut,” kata Wakil Ketua DPRD Sulut Arthur Kotambunan di Manado, kamis.

15 nama itu diusulkan Gubernur Sulut, setelah melalui seleksi dan penjaringan dari panitia Pemprov Sulut melalui Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi serta mewakili perguruan tinggi, baik melalui seleksi berkas dan tes tertulis.

Menurut dia, seleksi uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan secara baik dan optimal, dengan benar-benar menjunjung tinggi profesionalisme serta transparansi.

“Kalau ada yang mengintervensi akan proses rekrutmen KIP ini, sebaiknya dilapor, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif,” ucapnya, menegaskan.

DPRD Sulut sendiri belum menentukan jadwal pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan karena harus dibahas dulu di internal lembaga wakil rakyat itu.

Ia menuturkan, peran KIP ini sangat penting karena memiliki kompetensi dan kekuasaan khusus yang diatur dalam Undang Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sejumlah nama yang lolos seleksi itu, ada dari mantan birokrat seperti Asisten II Bidang Perekonomian Pemprov Sulut Marietha Kuntag, Kadis Kominfo Sulut Lona Lengkong, mantan staf ahli Gubernur Alfred Tumengkol.

Juga ada unsur pers seperti Alfeiyn Gilingan, Reydi Sumual, Meppy Manuhutu, Mahmud Al Mansyur, unsur akademisi, dan sebagainya.

“Kalau proses rekrutmen CPNS dilakukan secara profesional dan terbuka, kami optimistis hasilnya akan sangat bermanfaat dan berkualitas untuk kepentingan daerah juga,” ujar salah satu wartawan RRI Sulut, Audy Kandores.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading