Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

DPRD Bitung Didesak Terbitkan Perda Sarang Walet

Aldy Monareh   |   4 Oktober 2011 – 23:03 WITA

Bitung Today – Karena dinilai memiliki potensi yang dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), sejumlah warga yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pasela, mendesak agar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung agar segera mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang Sarang Walet.

“DPRD hendaknya mengeluarkan perda sarang burung wallet, karena hal ini sangat berpotensi membawa PAD, apalagi ini juga diatur dalam Undang-undang No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, bagian ke-15 pasal 72, tentang Objek pajak sarang burung walet,” ujar Samsi Hima.

Dikatakan Samsi, saat ini di Kota Bitung memiliki sejumlah lokasi sarang walet yang perlu ditarik retribusi yang bias menghasilkan PAD, diantaranya Ijin Mendirikan bangunan(IMB), ijin usaha, serta hasil produksinya.

“Meski begitu memang harus ada payung hukum agar dalam penarikan retribusi dilakukan sesuai aturan,” kata Samsi sembari menyarankan Dekot Bitung mengundang instansi terkait baik Dispenda, Dinas Tata Ruang dan BPPT-PMD dalam hearing dengar pendapat, guna membahas instansi mana yang berhak mengawasi dan mengelola, untuk nantinya dijadikan dasar Hukum pembuatan Perda.

Sementara itu, Kepala BPPT-PMD Kota Bitung Drs Jimmy Tangkudung melalaui Kabid Perijinan Jemmy Lesar S Sos, ketika dimintai tanggapannya terkait hal ini menyatakan, untuk usaha burung walet pada tahun 2011 ini ada sekitar 4 pengusaha yang melakukan pengurusan ijin usaha SITU, SIUP, IMB khusus untuk bangunan yang akan dijadikan sarang nanti di BPPT-PMD.

“ Pada tahun 2011 ini, Ada sekitar empat pengusaha yang mengurus ijin pembangunan sarang walet,” tukasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading