Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

DPRD Bitung Rekomendasikan Bentuk Tim selesaikan Batas Tanah

Staff Manado Today   |   17 Juni 2011 – 21:27 WITA

Bitung Today – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung akhirnya merekomendasikan pembentukan tim yang terdiri dari Pemkot Bitung dan Instansi terkait dalam penyelesaian batas tanah perkebunan rakyat dan hutan lindung di Kelurahan Batu Putih.

Hal ini terungkap dalam hearing antara Komisi A DPRD dengan pemerintah Kota Bitung dalam rangka menindaklanjuti keluhan warga Batu Putih terkait batas perkebebunan warga dengan kawasan hutan lindung.

Dalam rapat yang dipimpin ketua Komisi A Dekot Bitung, Laode Sumaila SH didampingi anggota Victor Tatanude SH, Vonny Sigar SE dan Lukman Djafar. Yang dihadiri oleh Sekretaris kota (Sekot) Bitung, Drs Edison Humiang MSi, Kadis Pertanian, Kehutanan dan Tanaman Pangan, Drs Zulkifli Sulhadji, Camat Ranowulu, Ir Pingkan Kapoh MSi, Lurah Kelurahan Batu Putih Bawah, Selmi Katiandago, Kepala Resort (KSDA) cagar alam Tangkoko, termasuk puluhan warga setempat, warga mengeluh lantaran tanah perkebunan yang dimiliki tidak bisa diterbitkan sertivikat. Bahkan mereka mengklaim bahwa lahan perkebunan milik warga tidak masuk dalam areal kawasan hutan lindung, sehingga mereka butuh kepastian.

Menanggapi keluhan warga tersebut Komisi A DPRD Bitung akhirnya merekomendasikan perlu dibuatkan tim untuk mengakji atau mericek kembali lahan-lahan yang dipersoalkan, sehingga nantinya tidak menimbulkan permasalahan.

Dalam hearing tersebut salah satu personil Komisi A Victor Tatanude menegaskan Dinas Pertanian dan Kehutanan perlu mencari solusi sehingga tidak terjadi polemik bagi warga.

“Kawasan konservasi atau kawasan hutan lindung, perlu ditata kembali batas batas Batas-batasnya dan dikomparasikan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) sehiongga areal hutan lindung tidak dijadikan areal perkebunan warga,” tandas Tatanude

Sementara itu Rekomendasi Komisi A disambut baik oleh Sekot Bitung, Drs Edison Humiang MSi. Menurutnya dalam waktu dekat akan membetuk tim untuk mericek permasalah yang dihadapi.

“Pemkot Bitung juga juga akan merekomendasikan beberapa anggota dewan untuk bersama-sama meninjau lokasi dan mencari solusi terbaik guna penyelesaian masalah ini,” ujar Humiang. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading