Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Hukum dan Kriminal

DPRD dan Polda Sulut Seriusi PETI dan Ilegal Logging

Redaksi Manado Today   |   25 Januari 2011 – 11:32 WITA
John Dumais

John Dumais

Manado Today – Permasalahan serius yang saat ini dihadapi aparat kepolisian di daerah ini, adalah penanganan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) atau Ilegal Mining dan Ilegal logging, yang merupakan bagian dari prioritas penanganan oleh pihak Kepolisian.

Terungkap dalam pertemuan Komisi I DPRD Sulut dan Jajaran Polda, permasalahan ini harus dicari solusi yang terbaik, sehingga polisi bukan hanya melakukan operasi penertiban, namun bagaimana penanganan setelah pelaksanaan operasi.

Ketua Komisi I Jhon Dumais pada manadotoday Selasa (25/01/2011) mengatakan, memang selama ini Polisi sangat serius melakukan operasi penertiban, namun yang  menjadi kendala adalah pengawasannya, sebab setelah operasi ternyata para pelaku tetap kembali ke lokasi dan tetap melakukan aktivitas melanggar hukum.

“Kami menyampaikan penghargaan kepada pihak kepolisian dalam mengangani Ilegal Mining dan illegal logging, namun sebenarnya seluruh penentu kebijakan harus duduk satu meja dan berkoordinasi, guna mencari solusi terbaik bagi pelaku-pelaku ini, misalnya diberikan pengetahuan dan ketrampilan serta lapangan pekerjaan lain, sehingga meninggalkan kebiasaan lama yang melanggar hukum ini,” kata Dumais.

Selanjutnya Dumais mengatakan, pihaknya akan memprakarsai pembahasan-pembahasan sehingga saat ini bukan hanya bagaimana melaksanakan operasi penertiban, melainkan bagaiamana memberikan peluang pekerjaan dan ketrampilan untuk warga, sehingga mereka dapat memiliki kehidupan yang layak, tanpa merusak lingkungan hidup yang ada.

“Saya berpendapat banyak solusi-solusi yang dapat ditemukan, asal kita semua duduk satu meja dan berkoordinasi, baik pemeritah maupun seluruh Stockholder yang lainnya, termasuk kepolisian yang hingga kini eksis menanggapi masalah-masalah di daerah ini,” tegas Legislator Demokrat Bitung ini. (jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading