Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Politik

DPRD Desak Pergub TNC Ditingkatkan ke Perda

Redaksi Manado Today   |   25 Oktober 2010 – 12:53 WITA

 

Tata Niaga Cengkih Perlu Dilengkapi Insrumen Pendukung seperti Peraturan Daerah (Perda)

Manado Today – Peraturan Gubernur Sulut yang mengatur Tata Niaga Cengkih (TNC) di daerah ini, perlu ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah, sehingga berbagai instrumen baik dari petani maupun pedagang serta Pabrikan Rokok sebagai konsumen utama Cengkih Petani Sulut, dapat terakomodir. Pernyataan itu diungkapkan ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Sulut Victor Mailangkay SH MH pada manadotoday Senin (25/10/2010).

“Ini diharapkan terjadi peningkatan dari Pergub menjadi Perda, sebab cakupan Perda lebih luas dan memiliki kekuatan yang lebih besar, sehingga kepastian harga Cengkih di tingkatan petani lebih terjamin dengan harga psikologis berkisar pada Rp 45 ribu per kilogram kering,” kata Mailangkay.

Selanjutnya Legislator Golkar dapil Manado ini menyebutkan dengan adanya Perda TNC di Sulut, selain memberikan jaminan harga jual di tingkatan petani, juga meminimalisir terjadinya permainan harga oleh pedagang, pada masa yang akan datang.

“Konsumen Cengkih sebagian besar merupakan Pabrikan Rokok, sehingga dengan Perda TNC nantinya dapat mengatur transaksi yang disesuaikan dengan hukum ekonomi yakni Suplay dan Demand. Bahkan ke depan, akan terbina hubungan yang saling menguntungkan antara petani Cengkih dan Pabrikan Rokok,” harap Mailangkay. (mt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading