Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

DPRD Kota Bitung Rekomendasi Bentuk Tim Terpadu Tertibkan Imigran Gelap

Staff Manado Today   |   2 Mei 2011 – 19:02 WITA

Bitung Today – Menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait keberadaan sejumlah warga negara asing yang tinggal dan bekerja di Kota Bitung, tanpa memiliki dokumen atau Imigran gelap (Illegal, red).DPRD Kota Bitung dalam hearing yang dipimpin Ketua Komisi A Laode Sumaila, dengan Polres Bitung, Dinas Tenaga Kerja, Camat Madidir, dan Lurah Wangurer, Senin (2/05/2011 merekomendasikan dibentuknya tim terpadu yang akan bertugas menertibkan nelayan illegal.

Wakil Ketua DPRD Kota Bitung Ir Maurits Mantiri sepakat dengan rekomendasi Komisi A Dekot Bitung, membentuk tim terpadu yang bertugas mendata dan menertibkan warga asing yang illegal, yang terdiri dari instansi terkait.

”Pembentukan tim terpadu sangat tepat, karena selama ini penyelesaian terkait warga asing dilaksanakan secara sporadis dan terpisah-pisah oleh instansi terkait, ”ujarnya menambahkan agar pihak terkait harus segera menyelesaikan masalah ini, sehingga jelas kewarganegaraannya.

Pada hearing tersebut, Komisi A juga memberikan batas waktu 1 Minggu bagi para Lurah dan Camat untuk mendata para Nelayan asing untuk kemudian diberikan ke DPRD untuk ditindaklanjuti.

Pendapat yang sama juga disampaikan Kapolres Bitung Bayu Satake, yang sepakat penertiban Nelayan asing harus melibatkan DPRD, Polres, Imigrasi, Camat dan Lurah.

”Data yang ada di Polres Bitung saat ini ada 126 Nelayan Illegal yang ada di Kota Bitung, belum ternasuk yang sedang melaut,” ungkapnya.

Sementara salah satu pengusaha pamboat asal Phlipina Rahmat Makpal dalam hearing tersebut mengaku mempekerjakan Nelayan Asing tanpa dokumen resmi. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading