Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Manado

DPRD Manado Ingatkan Pemerintah Soal Pengawasan Flu Burung

Redaksi Manado Today   |   14 April 2011 – 22:05 WITA

 

Foto : Ronald Salendu SE

Ronald Salendu SE

Manado Today – Dengan terideteksinya, virus flu burung (H5N1) di Kotamobagu, DPRD Kota Manado mengingatkan pemerintah kota agar cepat tanggap dan proaktif untuk mengantisipasi wabah virus mematikan bagi manusia tersebut. 
“Pemerintah jangan hanya membentuk tim di atas kertas dan tidak kerja. Fungsi pengawasan harus ditingkatkan terhadap para pedagang ayam, termasuk di toko-toko dan swalayan,” ujar personil Komisi A dari Partai Golkar Ronald Salendu SE kepada manadatoday Kamis (14/04/2011).
Terpisah Ketua Komisi D dr Richard Sualang, mengatakan Pemkot Manado sudah harus meningkatkan peran aktif dalam mengontrol lingkungan perternakan yang ada. Begitupun dengan isntansi terkait seperti Dinas Kesehatan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) termasuk Dinas Pertanian dan Perternakan diimbau agar jangan sampai lalai dalam mengantisipasi masalah ini. 
“Pencegahan mutlak dilakukan pemerintah dalam memfilter produk-produk makanan berbahaya dari luar daerah yang bisa saja sudah kena virus H5N1. Jika diabaikan, nyawa manusia adalah taruhannya. Diharapkan koordinasi hingga ke lingkungan terus dimantapkan dengan respon cepat dari dinas harus optimal,” tutur Ketua DPC PDI Perjuangan Manado ini.
Lenjut dikatakan Sualang pengawasan terhadap ayam atus sejenis ungas harus mendapat penjagaan ketat apa terlebih kebanyakan didatangkan dari luar kota manado. “ Yang paling penting semua peternakan ayam di Kota Manado harus dilakukan penyemprotan. Sedangkan ayam dari luar harus diperketat, “ tandasnya. 
Diketahui, Kamis kemarin Manado sempat dibuat panik menyusul dengan matinya 120 ekor unggas jenis ayam di kelurahan Taas disalah satu perternakan warga. Untunglah hasil pemeriksaan dengan mengunakan alat tes ternyata negatif tidak terindikasi flu burung.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading