Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline

DPRD Manado Kagum dengan Kemajuan kota Palembang

Redaksi Manado Today   |   26 Februari 2011 – 00:07 WITA

kota palembangManado Today – DPRD Kota Manado, berkunjung ke Palembang, Jumat (25/2), karena tertarik dengan perkembangan dan kemajuan pembangunan Kota Palembang. ”Kami melihat kemajuan pembangunan di kota bekas kerajaan Sriwijaya ini begitu pesat,” kata Franklin J Sinjal, ketua rombongan tim Komisi C DPRD Kota Manado ketika diterima unsur Pemerintah Kota Palembang.

Rombongan DPRD Manado, kata Franklin, berkunjung ke Palembang untuk melihat dari dekat dan belajar strategi atau pola yang diterapkan termasuk mengenai penerapan peraturan daerah (Perda).

Ia menceritakan pernah berkunjung ke Palembang ketika berlangsung Pekan Olahraga Nasional PON) XVI 2004 namun perkembangan saat ini terlihat pesat terutama di kawasan bekas tempat pelaksanaan PON di Jakabaring.

Di Jakabaring, yang semula rawa-rawa kini menjadi kawasan pusat pembangunan, terlebih lagi menyongsong SEA Games, November 2011, di kawasan itu banyak fasilitas olah raga.

Menurut Franklin, pihaknya perlu banyak mengetahui dan belajar dengan Pemerintah Kota Palembang mengenai strategi pembangunan mulai dari penataan kota, penempatan reklame, penghijauan dan lainnya termasuk pemberlakuan Perda tentang hal tersebut.

Kunjungan itu dinilai sangat penting untuk mendukung program dan visi wali kota di daerahnya yang menginginkan “Manado jadi Kota Model Ekowisata” sehingga perlu dilakukan penataan agar suasana kota tidak semrawut, katanya.

Menurut dia, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menginginkan ibu kota Sulawesi Utara itu lebih nyaman sehingga banyak dikunjungi para wisatawan asing. Sementara Wali Kota Palembang yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Lukman Hakim pada pertemuan tersebut mengatakan bahwa di kota tersebut sekarang ini memang sedang giat melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur terlebih menyongsong SEA Games XXVI, November 2011.

Ia mengatakan, pemerintah kota sejak beberapa tahun terakhir gencar membangun berbagai sektor terutama pembenahan dan penataan kota termasuk penertiban pemasangan reklame di pusat kota serta pedagang kaki lima di sejumlah pasar tradisional setempat.

Pemerintah Kota Palembang juga berupaya menjaga kebersihan lingkungan sehingga Kota Palembang beberapa kali meraih penghargaan tertinggi bidang kebersihan “Adipura”, katanya.

DPRD dari berbagai daerah berkunjung ke Palembang melakukan studi banding dan belajar segala hal masalah pembangunan.

Terakhir DPRD Kota Tangerang Selatan melakukan kunjungan pada 18 Februari lalu mempelajari sistem pengelolaan koperasi dari pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah setempat. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading