Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

DPRD Minsel Minta BPN Identifikasi Tanah Negara

Staff Manado Today   |   8 Juli 2011 – 11:21 WITA
Setly Kohdong

Setly Kohdong SH

Amurang Today- Ketua Komisi Satu DPRD Minsel melalui Setly Kohdong, SH serta Tommy Ampouw meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minsel, segera melakukan identifikasi dan inventarisasi terhadap Tanah milik Negara yang saat ini masih dikuasai pemegang hak guna usaha. Menurutnya ada sekitar 12 pemegang HGU dengan jumlah sekitar 3000 ha, di wilayah Minsel.

“Identifikasi ini kami merasa penting sehingga tanah negara tidak ada yang diterlantarkan pemegang HGU,” ujar Kodhong, kapada manadotoday jumat (8/7/2011).

Ditambahkan Kohdong, saat ini teridentifikasi terjadinya alih fungsi maupun pengalihan hak tanpa melalui mekanisme yang jelas terhadap tanah negara yang ada, sesuai PP Nomor 36 tahun 1998 tentang Penertiban dan pendayagunaan tanah terlantar, dan BPN memiliki kewenagan melakukan identifikasi, kalau tanahnya terlantar lebih baik pemkab mengusulkan adanya pelepasan hak untuk masyarakat yang miskin, atau tidak punya kebun daripada diterlantarkan.

Selain itu apabila dihubungkan dengan program gerakan sentuh tanah di canangkan Gubernur Sulut sebaiknya semua tanah terlantar dapat digunakan sesuai dengan tujuan dan fungsi tanah tersebut.

“Kasian sumber daya alam yang Tuhan berikan tidak dimanfaatkan oleh pemegang HGU,” ujarnya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading