Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, DPRD Sulut

DPRD Optimis Pelabuhan Bitung Jadi Pelabuhan Internasional

Staff Manado Today   |   3 Agustus 2011 – 10:55 WITA

Dumais : Kekhawatiran Dijadikan Pemicu Pemerintah Berupaya Lebih Maksimal

John Dumais

John Dumais

Manado Today – Master plan pembangunan Indonesia yang dibagi dalam enam koridor sesuai Peraturan Presiden nomor 32 tahun 2011, menurut Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) RPJMD/RPJPD DPRD Sulut Jhon Dumais, merupakan acuan yang dijadikan langkah pemerintah Sulawesi Utara, terus mengupayakan Pelabuhan Samudera Bitung menjadi Pelabuhan Internasional (International Hubport) dan ditandai dengan pembenahan-pembenahan terhadap kondisi fisik pelabuhan, seperti perluasan terminal peti kemas dengan cara reklamasi.

“Kita tetap optimis Pelabuhan Bitung tetap menjadi Pelabuhan Internasional, dengan penetapan pemerintah pusat. Mengenai kekhawatiran terhadap berkembangnya pelabuhan lain seperti pelabuhan Sorong, saya nilai merupakan pemicu agar Pemerintah Provinsi dan suluruh Stok Holder berupaya lebih optimal dan maksimal,” kata Dumais.

Selanjutnya disebutkan Ketua Komisi I DPRD Sulut ini, soal keterbatasan lahan yang juga menjadi salah satu kekhawatiran, saat ini disikapi dengan lebih mendalam. Sebab sesuai surat Menteri Dalam Negeri, di Bitung terhadap lahan di Pulau Lembeh serta lahan HGU di Manembo-Nembo dan Tanjung Merah, yang dapat dijadikan lahan penopang percepatan pembangunan Pelabuhan Bitung menuju Pelabuhan Internasional.

“Logika yang ada saat ini, kita mengambil contoh Singapura yang memiliki lahan yang relatif lebih kecil dari Sulut, mampu membangun Pelabuhan Internasional. Apalagi sesuai studi kelayakan, Pelabuhan Bitung dari sisi kedalaman sangat layak sebagai Pelabuhan Internasional. Dan saya perlu ingatkan dalam pembangunan di Koridor 4 ini, justru yang harus dikhawatirkan adalah Maluku Utara dan Makassar, bukan pelabuhan Sorong,” tegas Legislator Demokrat asal Bitung ini. (jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading