Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Draft RUU Daerah Kepulauan Diserahkan ke DPR RI

Tonny Sumakul   |   6 Oktober 2011 – 21:47 WITA

Manado Today – Tujuh Gubernur daerah kepulauan yang salah satunya yakni Gubernur Sulut, DR. S.H. Sarundajang, akhirnya menyampaikan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepulauan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) RI.

Menurut juru bicara Gubernur Sulut, Christian Sumampow SH MEd, draf RUU tersebut diserahkan langsung ke Ketua DPR RI Marzuki Alie, setelah sebelumnya, draf RUU itu, diserahkan juga ke Pimpinan Komisi II DPR RI.

“Dalam pertemuan dengan Komisi II DPR RI, mereka memberikan jaminan bahwa RUU ini akan dibahas. Sebab, Pimpinan dan anggota Komisi II DPR RI, memberikan apresiasi positif untuk RUU ini, guna kepentingan pembangunan daerah kepulauan yang memiliki karakteristik tersendiri,” ujar Sumampow, Kamis (6/10/2011).

Menurutnya lagi, RUU ini berisi formulasi penghitungan DAU untuk daerah kepulauan, dimana penghitungannya yang selama ini hanya berdasarkan jumlah penduduk dan luasan daratan.

“Untuk RUU itu, memperhitungkan DAU, didasarkan pada luas wilayah laut sebagai ruang publik yang menghubungkan satu pulau ke pulau lainnya, dalam satu provinsi kepulauan,” terang Sumampow.

Diketahui, tujuh Gubernur yang daerahnya masuk sebagai daerah kepulauan, yakni Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Maluku Utara (Malut), Maluku, Kepulauan Riua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Bangka Belitung. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading