Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Drainase Kota Bitung tak Memadai

Redaksi Manado Today   |   27 Maret 2011 – 11:04 WITA

Bitung Today – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung, Sulawesi Utara mengkritisi pemerintah setempat soal pembangunan drainase di Bitung yang tidak memadai.
Wakil Ketua DPRD Bitung, Maurits Mantiri, Minggu, mengatakan kurang baiknya pembangunan infrastrutur drainase menyebabkan air hujan meluap hingga ke jalan umum, sehingga pihaknya minta pemerintah memperbaikinya.
“Paling tidak menyangkut master plan drainase Kota Bitung ini, karena pernah ada anggaran untuk penelitian dan perencanaan tentang masalah drainase. Ini harus didisiplinkan agar persoalannya terselesaikan,” ujarnya.
Dia mempertanyakan kalau proyek dikerjakan dengan benar maka tidak akan terjadi penyumbatan sehingga airnya tidak meluap ke jalan.
“Menyangkut drainase ini, tentunya tidak bisa bicara setengah-setengah, karena sudah merupakan satu kesatuan yang prosesnya dari hulu hingga ke hilir. Kalau ada satu saja kejanggalan soal drainase, pasti masalahnya akan rumit dan dampaknya terjadi banjir,” katanya.
Mantiri mengharapkan pemerintah terkait dapat memberi konstribusi, baik dari segi pemikiran agar persoalannya terselesaikan.
“Setidaknya harus di minimalisasi masalah drainase ini, kalau tidak maka tak akan terselesaikan,” katanya.
Mantiri memberikan gambaran soal banjir yang melanda Kota Bitung beberapa hari lalu, disebabkan salah satu saja koneksi drainase tidak baik bahkan hanya melalui satu saluran, otomatis menyebabkan volume air meningkat, hingga terjadilah banjir.
“Untuk itulah master plant yang diusulkan tersebut harus diwujudkan, hingga akhirnya tidak ada lagi banjir menghantui kota Bitung, karena sudah ada usulan anggaran penanganan hal tersebut,” katanya.
Dengan demikian, ujar dia, ketika sudah ada pemikiran baik melalui para pakar dan persetujuan semua instansi terkait, maka pihaknya tinggal membuat dan mempersiapkan anggaran perbaikan drainase tersebut. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading