Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Dua Bulan Tidak Beroperasi, SPBN Mobongo Amurang Disorot

David Masengi   |   23 Februari 2012 – 11:07 WITA

Amurang, (manadotooday.com) – Keberadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Mobongo, Kelurahan Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat, disorot warga.
Pasalnya keberadaan SPBN yang diperuntukan bagi Nelayan ini kabarnya jarang dioperasikan, Bahkan dalam dua bulan tidak beroperasi lagi dengan alasan kehabisan stok BBM.
”Kami pertanyakan fungsi SPBN Amurang yang diperuntukan bagi Nelayan, kenapa dalam dua bulan terakhir sudah tidak difungsikan sebagaimana mestinya,” ujar Frans Nelayan asal Kapitu.
Akibatnya kata Frans, Ia dan beberapa Nelayan jika akan melaut harus membeli di SPBU yang konsekuensinya harus menyediakan biaya ekstra yang dipungut oleh petugas SPBU.
”Ini kan artinya ada tambahan biaya. Lagipula bagaimana kami harus meningkatkan hasil tangkapan jika tidak di barengi dengan keterediaan BBM khusus bagi Nelayan. Dan jelas saja ini akan berpengaruh pada hasil tangkapan, karena kurangnya ketersediaan BBM bagi kami Nelayan,” kata Frans.
Ia juga mempertanyakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minsel selaku instansi pengelola, yang terkesan cuek dan tidak tanggap. Padahal keberadaan SPBN diperuntukan membantu Nelayan yang hendak melaut.
”Ini kan namanya pembangunan SPBN yang fungsinya membantu Nelayan mubazir padahal anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan ini tidak sedikit,” tandasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minsel Arifin Kyai Demak melalui Sekretaris Edwin Lonteng ketika dikonfirmasi manadotoday mengatakan SPBN memang untuk sementara tidak beroperasi dikarenakan sedang ada pembenahan manajemen di dalam.
“Penutupan kali ini demi kelancaran operasional juga. Kami sedang mencari operator baru yang dapat mengoperasikan secara kontinyu. Karena operator sebelumnya timbul tenggelam,” ujarnya sembari menambahkan dalam waktu dekat SPBN ini akan dioperasikan.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading