Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Dua Jam KPK Tandangi BKD Manado

Aldi Mawitjere   |   18 April 2012 – 23:03 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Selama kurang lebih dua jam, tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, menyambangi kantor Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Manado, yang terletak di lantai 5 kantor Walikota Manado, Rabu (18/4/2012) . Kedatangan tim KPK tersebut, disambut Kepala BKD Drs Musa Hans Tinangon MSc.Namun, jangan salah duga dulu, kedatangan Tim KPK ke BKD bukan dalam rangka pemeriksaan terkait kasus korupsi di instansi tersebut, tetapi lebih kepada upaya pencegahan terhadap indikasi korupsi pada instansi pelayanan publik.

“Mereka (Tim KPK,red) hanya melakukan upaya pencegahan, karena lebih baik mencegah daripada sudah terjadi baru dicegah,”ungkap Kepala BKD Drs Musa Hans Tinangon MSc, kepada wartawan di ruang kerjanya.

Menurutnya, sebagai instansi pelayanan publik terutama dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ada beberapa pertanyaan yang mereka lontarkan. BKD diingatkan untuk tetap melaksanakan tugas sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).

Dalam penerimaan CPNS harus selalu mengacu pada aturan serta mekanisme perekrutan yang benar. Karena, instansi itu juga rentan terhadap penyelewengan.

“Kita hanya diingatkan untuk tetap mengacu pada aturan dalam penerimaan CPNS,”tandas Tinangon.

Lanjut dikatakan pejabat yang akrab dengan kalangan pers itu, selain soal penerimaan CPNS, KPK menanyakan mengenai proses pengurusan kenaikan pangkat PNS di Pemkot Manado, termasuk metode pembinaan dan pengawasan terhadap PNS yang tidak disiplin dan melanggar kode etik.

“Makanya, semua Kabid tadi mendampingi. Karena, ada kuisener yang harus diisi,”ujarnya.

Dari pantauan, tim KPK selesai melakukan kunjungan ke BKD Manado langsung meninggalkan kantor tersebut. Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan tim KPK yang datang ke Pemkot Manado adalah dari bagian pencegahan. Mereka intens melakukan upaya pencegahan terhadap tindak korupsi diinstansi pemerintah, terutama soal gratifikasi yang menjadi faktor terbesar pemicu korupsi.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading