Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Dua Tahun ke Depan Mitra Kurang Produksi Salak

Staff Manado Today   |   8 Juli 2011 – 12:16 WITA

Distanak Segera Lakukan Penyelamatan

Ratahan Today – Ini merupakan pukulan telak bagi petani salak Pangu Minahasa Tenggara (Mitra).Akibat dihantam abu vulkanik Gunung Soputan, untuk dua tahun ke depan prpduksi Salak Mitra akan sangat kurang. Bahkan hampir tak ada sama sekali.

Kerugian saat ini yang dialami petani salak total sekitar Rp 4 Miliar. Untukn itu, Pemkab Mitra lewat Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) akan segera melakukan langkah-langkah penyelamatan terhadap beberapa jenis tanaman pertanian seperti tanaman buah salak dengan melakukan penyemprotan air pada pohon salak.

Hal ini diungkapkan Kadis Distanak Mitra Ir B Adrianus Tinungki MEng. Menurutnya, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan 24 kelompok tani salak untuk melakukan langkah awal penyelamatan terhadap tanaman andalan Mitra tersebut.

‘’Kami akan mengupayakan langkah penyelamatan terhadap tanaman salak, karena untuk satu dan dua tahun ke depan hasilnya dipastikan akan mengalami penurunan, apabila pohon salak ini masih tertutup dengan abu vulkanik, dan dalam waktu dekat ini tidak juga turun hujan, maka jalan satu-satunya adalah penyemprotan air pada pohon salak, “ujar Tinungki.

Lebih lanjut Tinungki mengatakan bahwa kondisi ini juga akan disampaikan kepada Bupati Mitra Telly Tjanggulung (T2), dan akan mengusulkan pemberian bantuan kepada 24 kelompok tani berupa alat penyemprot air serta mesin paras.

”Kami akan sampaikan ini ke Bupati, dan juga mengusulkan bantuan penyemprot air dan mesin paras bagi 24 kelompok tani, ”kunci Tinungki. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading