Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Dua Tahun Kepemimpinan T2-JaDi Mitra Terus Dibangun

Redaksi Manado Today   |   23 September 2010 – 22:05 WITA

 

Ratahan Today – Kepemimpinan Bupati Telly Tjanggulung (T2) bersama Wakil Bupati Drs Jeremia Damongilala MSi (JaDi) Hari ini 24 September 2010 genap berusia dua tahun. Dalam dua tahun tersebut, sejumlah prestasi sudah ditorehkan bupati dan wakil bupati pertama pilihan rakyat Mitra ini.
Bahkan sejumlah program pembangunan terus digenjot untuk menyejahterahkan masyarakat. Daerah-daerah yang dulunya terpencil dan terisolir sebagian besar bisa dikatakan telah meredeka. Ini dikarenakan di tahun kedua kepemimpinan pasangan tersebut, mengalokasikan anggaran pembangunan sekira Rp Rp48.84 miliar untuk pembangunan dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan anggaran Rp1,5 miliar dari APBD 2010. “Meskipun DAU hanya sedikit tapi Pemkab Mitra terus berusaha mendapatkan bantuan dari pusat, agar terwujudnya fasilitas ataupun infrastruktur yang bisa membantu masyarakat. Sekarang, daerah-daerah terpencil seperti Bunag, Tambelang sudah tidak terisolir lagi. Kendaraan jenis apa saja bisa masuk ke daerah itu,”kata Kadis PU dan SDA Mitra, Ir Welly Munaiseche.
Selain infrastruktur, Pemkab Mitra juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui anggaran pendidikan. Tercatat, sebanyak 12.725 pelajar di daerah ini telah menerima bantuan pendidikan. Dana yang dialokasikan untuk peningkatan mutu pendidikan ini pun sekira Rp9,3 M yang meliputi beasiswa jenjang SD-SMP-SMA/SMK sebanyak 12.000 siswa, beasiswa bagi 670 mahasiswa Mitra sebesar Rp1M, beasiswa bagi 10 orang siswa yang sementara studi di Australia dan 45 orang mahasiswa sekarang ini kuliah di UMN Jakarta. Diungkapkan Kadispora Mitra Ir Moody Rondonuwu, sekira 80% alokasi dana untuk pendidikan diberikan pada pos beasiswa. “Sesuai dengan komitmen Ibu Bupati dan Wakil Bupati untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini,” ujarnya. Tak heran, ditahun kedua kepemimpinan T2-JaDi, daerah ini menjadi daerah pemekaran terbaik di Sulut dan berada diposisi keenam dari 57 daerah pemekaran se Indonesia yang dikukuhkan Departemen Dalam Negeri (Depdagri).(evel)

Dua Tahun Kepemimpinan T2-JaDi Mitra Terus Dibangun 
Ratahan Today – Kepemimpinan Bupati Telly Tjanggulung (T2) bersama Wakil Bupati Drs Jeremia Damongilala MSi (JaDi) Hari ini 24 September 2010 genap berusia dua tahun. Dalam dua tahun tersebut, sejumlah prestasi sudah ditorehkan bupati dan wakil bupati pertama pilihan rakyat Mitra ini. Bahakn sejumlah program pembangunan terus digenjot untuk menyejahterahkan masyarakat. Daerah-daerah yang dulunya terpencil dan terisolir sebagian besar bisa dikatakan telah meredeka. Ini dikarenakan di tahun kedua kepemimpinan pasangan tersebut, mengalokasikan anggaran pembangunan sekira Rp Rp48.84 miliar untuk pembangunan dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan anggaran Rp1,5 miliar dari APBD 2010. “Meskipun DAU hanya sedikit tapi Pemkab Mitra terus berusaha mendapatkan bantuan dari pusat, agar terwujudnya fasilitas ataupun infrastruktur yang bisa membantu masyarakat. Sekarang, daerah-daerah terpencil seperti Bunag, Tambelang sudah tidak terisolir lagi. Kendaraan jenis apa saja bisa masuk ke daerah itu,”kata Kadis PU dan SDA Mitra, Ir Welly Munaiseche.Selain infrastruktur, Pemkab Mitra juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui anggaran pendidikan. Tercatat, sebanyak 12.725 pelajar di daerah ini telah menerima bantuan pendidikan. Dana yang dialokasikan untuk peningkatan mutu pendidikan ini pun sekira Rp9,3 M yang meliputi beasiswa jenjang SD-SMP-SMA/SMK sebanyak 12.000 siswa, beasiswa bagi 670 mahasiswa Mitra sebesar Rp1M, beasiswa bagi 10 orang siswa yang sementara studi di Australia dan 45 orang mahasiswa sekarang ini kuliah di UMN Jakarta. Diungkapkan Kadispora Mitra Ir Moody Rondonuwu, sekira 80% alokasi dana untuk pendidikan diberikan pada pos beasiswa. “Sesuai dengan komitmen Ibu Bupati dan Wakil Bupati untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini,” ujarnya. Tak heran, ditahun kedua kepemimpinan T2-JaDi, daerah ini menjadi daerah pemekaran terbaik di Sulut dan berada diposisi keenam dari 57 daerah pemekaran se Indonesia yang dikukuhkan Departemen Dalam Negeri (Depdagri).(evel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading