Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Pemerintahan

Dubes New Zealand untuk RI Sambangi Pemprov Sulut

Tonny Sumakul   |   31 Juli 2012 – 17:50 WITA
Wagub Sulut menerima kunjungan Dubes New Zeland

Wagub Sulut saat menerima kunjungan Dubes New Zeland untuk RI

MANADO, (manadotoday.com) – Duta Besar (Dubes) New Zeland (Selandia Baru) untuk RI, David Taylor, menyambangi Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (31/7).

Kunjungan yang didampingi Koordinator Pengembangan Program Kedutaan Besar New Zealand di Jakarta, Rachmi Anindita, yang juga selaku translator, diterima Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, di ruang kerjanya.

Pada kesempatan itu, Dubes David Taylor menyampaikan keinginan pemerintah Selandia Baru, untuk meningkatkan kerjasama dan mambantu pembangunan di Provinsi “Bumi Nyiur Melambai” ini. Sebab, Pemerintah Selandia Baru, mengamati banyaknya peluang untuk dikembangkan di Sulut, dalam rangka pengembangan kerjasama investasi Negara tersebut di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara. Apalagi, Indonesia kini menjadi salah satu mitra terpenting Selandia Baru di kawasan Asia Pacifik.

“Sulawesi Utara adalah daerah yang sangat potensial guna pengembangan kerjasama, juga menjadi sasaran bantuan untuk berbagai sekotr dari Pemerintah Selandia Baru,” kata Dubes David Taylor dikutip Rachmi Anindita.

Kunjungan Dubes David Taylor di Sulut, selain melakukan pertemuan dengan Pemprov, akan juga bertemu pihak PLN, dalam rangka kerjasama  pengembangan Pengembangan Energi Geothermal di Lahendong.

Sementara itu, Wagub Kansil menjelaskan, untuk Sulut sendiri bukan hanya ada Energi Geothermal Lahendeng, namun masih terdapat beberapa lokasi yang memiliki potensial yang sama untuk digarap, seperti di Airmadidi dan di Gunung Duasudasa Bitung.

Selain pengembangan energi geothermal, Wagub Kansil menawarkan kerjama untuk sektor pendidikan, pariwisata, pengembangan SDM dan peralatan serta transfer teknologi penanganan bencana, terutama gempa bumi.

Penawaran-penawaran kerjasama dari Wagub Kansil itu, disambut baik Dubes Taylor, dan meminta pihak Pemprov Sulut untuk menyampaikan usulan fokus kerjasama, agar sasaran bantuan ditindaklanjuti  secara detil dengan SKPD terkait.

“Kami juga menyampaikan terima kasih pada pihak Pemerintah Republik Indonesia dan Pemprov Sulut, yang banyak melibatkan New Zeland dalam ivent-ivent internasional,” tandas Dubes Taylor.

Lanjutnya menyampaikan, untuk kerjasama pendidikan, diharapkan akan lebih banyak mahasiswa Sulut yang dapat dikirim guna belajar di New Zealand, sebab biaya pendidikan di New Zealand relatif murah, yakni sekitar 45 juta per tahun untuk jenjang S3.

Diketahui, kunjungan Dubes New Zeland ini, Wagub Kansil didampingi Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Roy Roring, M.Si, Kepala Dinas ESDM Ir. Boy Tamon, M.Si dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Suprianda H Ruru SH, LL.M.

Di akhir pertemuan, Wagub langsung menginstruksikan Asisten II untuk mengkoordinasikan terkait hasil pembicaraan ini, dengan SKPD terkait guna melakukan langkah kongkrit merealisasikan kerjasama ini, sesuai prosedur yang berlaku di Indonesia. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading