Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Dubes RI untuk Philipina Kunjungi Pemprov Sulut

Tonny Sumakul   |   2 Desember 2011 – 22:07 WITA

Manado, MTC – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Negara Philipina, Johanis Kristiarto Suryo Legowo, Jumat (2/12/2011) mengunjungi Pemprov Sulut.
Kunjungan yang diterima jajaran Pemprov Sulut dibawah pimpinan Asisten III Gemmy Kawatu, berlangsung di ruang WOC kantor Gubernur Sulut.
Dalam pertemuan tersebut, Legowo menyampaikan, bahwa Philipina adalah sahabat dekat negara Indonesia, sebab selama ini kedua negara ini terus menjalin hubungan harmonis, baik dari kedua kepala pemerintahan maupun jajaran pemerintahan yang ada di bawahnya.
“Hubungan baik itu, perlu dijaga bersama. Sebab, disana juga ada ribuan warga negara Indonesia,” ungkapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Konjen RI di Davao City, yang diwakili oleh Acting Konjen Sukarsono, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya punya sekolah Indonesia, yang bertempat di Mindanau.
“Sekolah itu dikelolah Konjen, dan murid sekolah dasar yang berjumlah 106 siswa itu, 90 persen merupakan warga Indonesia dari Sangihe dan Talaud,” kata Sukarsono.
Lanjutnya menyampaikan, pihaknya berharap, agar Pemprov Sulut untuk dapat membantu siswa-siswa itu lewat beasiswa, agar kedepan mereka dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
“Ini juga dimaksud, agar mereka merasakan perhatian dari pemerintah Indonesia,” ujar Sukarsono.
Ia menambahkan lagi, untuk jumlah WNI di Mindanau sendiri, sekitar 8.996 jiwa.
Sementara itu, Kawatu dalam sambutannya, mengatakan bahwa Pemprov Sulut juga menyambut baik akan pertemuan denga Dubes RI untuk Philipina tersebut.
Dikatakan Kawatu, pihaknya akan berupaya untuk memberikan bantuan kepada siswa-siswa yang sekolah di Mindanau. Selain itu, Pemprov Sulut juga akan berupaya meningkatkan hubungan perekonomian antara Sulut dan Philipina.
“Mudah-mudahan kedepan, akan dibangun juga sekretariat bersama, dalam peningkatan pembanguna perekonomian di wilayah perbatasan Sulut dan Filipina,” terang Kawatu. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading