Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Dugaan Pungli Merajalela di Sejumlah Pasar Tradisional Minsel

David Masengi   |   23 Mei 2012 – 22:04 WITA

Warga Pertanyakan Kinerja Kadis Perindakop Minsel

AMURANG (manadotoday.com) -Dugaan pungutan liar (Pungli) dikabarkan masih terus terjadi di sejumlah Pasar tradisional yang ada di Minahasa Selatan.

Pelak saja akibat dugaan pungli ini warga kemudian mempertanyakan kinerja Kepala Dinas Disperindakop. Dari pengakuan sejumlah pedagang di salah satu pasar tradisonal di Minsel ini, menyebutkan dugaan pungli ini justru dilakukan oleh oknum Disperindakop, karena melakukan penarikan retribusi bagi para pedagang tanpa disertai dengan karcis sebagai tanda bukti.

”Ditambah lagi retribusi yang dilakukan belum ditetapkan melalui Perda oleh pihak legislatif, sehingga penarikan retribusi yang dilakukan oleh pengelola Pasar tidak didasari oleh kekuatan hukum. Dan jika tidak didasari dengan payung hukum itu kan artinya pungli. Buktinya setiap petugas pasar melakukan penagihan tidak disertai karcis sebagai tanda bukti,” ujar sejumlah pedagang yang meminta namanya jangan ditulis.

Meskipun hal ini sudah sering dikeluhkan kata mereka, namun sepertinya para petugas tidak menghiraukan keluhan para pedagang, bahkan tindakan ilegal tersebut terus saja terjasi setiap hari.

”Masalah ini harus di perhatikan oleh pemerintah melalui instansi terkait. Kalau tidak kami pedagang yang dirugikan, karena setahu kami kalau perda retribusi belum disahkan mereka belum layak untuk menagi, sebab itu merupakan pungli dan itu melanggar hukum,” tukas mereka.

Sementara itu Kepala Perindakop Minsel Drs Wempie Mononimbar saat dikonfirmasi manadotoday mengatakan, akan segera menindaklanjuti hal tersebut. Menurutnya, ada pihak–pihak yang mengaku memiliki sebagian dari lokasi pasar tersebut. Namun hal itu telah dibantahkan dengan adanya putusan pengadilan.

“Saya akan mengecek dulu masalah ini, jika benar nanti kami akan tindaki,” tutupnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading