Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Dugaan Pungli Merebak di Pengusaha Rumah Panggung Woloan

Ardi Kalumata   |   26 Januari 2012 – 10:00 WITA

Penjualan Luar Daerah Dikenakan 2,5 Persen Harga Jual

Rumah Panggung

Industri Rumah Panggung Woloan

Tomohon, (manadotoday.com) – Isu tak sedap mulai terdengar dialami para pengusaha Rumah Panggung Woloan. Untuk menjual rumah panggung ke luar daerah, mereka harus dikenakan biaya 2,5 persen dari harga jual dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Tomohon. Sementara untuk penjualan di daerah Sulut, dikenakan biaya sebesar Rp 500 hingga 700 ribu.
Hal ini terungkap saat berbincang-bincang dengan sejumlah pengusaha Rumah Panggung Woloan. Menurut mereka, setiap kali akan menjual hasil karya mereka, wajib menyetor ke Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Tomohon.
Dan, ini tidak terkecuali. Semua pengusaha yang akan menjual rumah, wajib memberikan ‘upeti’ tersebut.
‘’Kalau hanya untuk penjualan di daerah sini, mereka meminta lima ratus ribu rupiah, ditambah petugas yang datang, kalau ada dua orang, masing-masing diberikan seratus ribu rupiah,’’ ungkap pengusaha Rumah Panggung yang meminta namanya tidak dipublikasikan. Hanya saja, ia mengaku siap jika mau dipanggil memberikan kesaksian.
Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkot Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi mengaku jika untuk Dinas Kehutanan dan Perkebunan tidak dikenakan Pendapatan Asli Daerah(PAD). ‘’Sejak dulu tidak ada PAD untuk Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Jadi, tidak ada setoran ke kas daerah,’’ ungkap Liuw.
Sementara Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Tomohon Ir Corry Caroles yang dikonfirmasi mengatakan, biaya tersebut bukan sebagai keharusan tapi sukarela dari pengusaha Rumah Panggung. ‘’Kan wajar jika pengusaha memberikan uang, apalagi petugas yang mengurus administrasi penjualan rumah tersebut bekerja dalam kondisi hujan atau kedinginan malam-malam, sementara rumah sudah mendesak dipasarkan,’’ kata Caroles. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading