Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dumingan Minta Warga Bitung Waspadai Rabies

Aldy Monareh   |   13 September 2012 – 08:13 WITA

Selang 2012 Sudah 4 Warga Meninggal Dunia

BITUNG, (manadotoday.com) – Virus Rabies terus menjadi momok menakutkan bagi warga Kota Bitung. Pasalnya selang tahun 2012 ini sudah empat warga yang meninggal akibat gigitan Anjing yang tidak di vaksin berbeda dengan tahun 2011 yang hanya 1 korban.

”Saya minta warga waspada terhadap Rabies,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Vonny Dumingan.Dumingan juga menyarankan jika ada warga yang digigit anjing jangan enggan untuk melapor dan sebaiknya segera melakukan pemeriksaan terhadap fasilitas Kesehatan terdekat.

”Untuk pertolongan pertama jika digigit Anjing masukan deterjen ke gigitan atau dibersihkan dengan air mengalir. Dan jika sudah masuk aliran darah harus di vaksin,” ujarnya.

Hanya saja untuk melakukan vaksinasi harus dipastikan apakah hewan positif Rabies. Caranya dengan menunggu 14 hari pasca gigitan. Jika dalam waktu tersebut anjing tidak meninggal itu artinya hewan tidak Rabies. Dan jika selang 14 hari hewan peliharaan tersebut mati sebaiknya degera melapor.

”Untuk melakukan vaksin terhadap korban tidak boleh sembarang. Harus dipastikan apakah korban benar-benar Rabies, karena jika tidak akan berpengarih pada otak manusia,” katanya.

Namun untuk stok vaksin di Puskesmas dan Rumah Sakit di Bitung tetap tersedia dalam jimlah yang banyak.Dan warga yang terkena gigitan hewan yang dapat menularkan Rabies seperti Aning dan kera, jika memiliki Jamkesmas tidak dipungut biaya.

”Karena itu  warga diminta agar  memelihara dengan baik hewan peliharaan, dengan melakukan vaksinisasi terhadap hewan tersebut,” himbaunya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading