Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dumingan : Peran Orang Tua Penting Cegah Penyebaran HIV/AIDS Pada Remaja

Aldy Monareh   |   14 September 2012 – 10:40 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Perilaku Sex bebas dan penggunaan Narkotika dan obat terlarang (Narkoba) di berbagai kalangan masyarakat lebih khusus dikalangan remaja, merupakan pintu masuk virus HIV/AIDS.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Vonny Dumingan, Jumat (14/9).

Menurutnya akibat perilaku sex bebas dengan gonta-ganti pasangan, seseorang akan rentan dengan penyakit kelamin seperti Sipilis dan Raja Singa.

”Nah jika sudah dihinggapi penyakit kelamin, virus HIV/AIDS yang menyerang kekebalan tubuh gampang masuk,” ujarnya.

Begitupun dengan penggunaan Narkoba. Pada kalangan pengguna Narkoba ini virus HIV/AIDS sangat rentan tertular. Sebab pada kalangan ini Sex bebas sangat memungkinkan terjadi terlebih jika saat berhubungan tidak menggunakan pengaman seperti kondom. Apalagi jika para pengguna sering menggunakan jarum suntik untuk menyuntikan morfin ke tubuh.

”Jika jarum suntik tidak steril tentu HIV/AIDS dikalangan ini cepat tertular,” ujarnya.

Karena itu sebagai langkah antisipasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Bitung, Dinas Kesehatan gencar melakukan sosialisasi terhadap bahaya HIV/AIDS dan pencegahannya di lokasi yang dianggap sangat rentan terhadap penularan virus mematikan ini.

”Dan untuk kalangan remaja kita lakukan sosialisasi di Sekolah-sekolah,” ujarnya seraya berharap peran tokoh masyarakat, tokoh Agama sangat penting untuk meminimalisir penyakit ini dengan melakukan bimbingan kepada masyarakat terlebih di kalangan Pemuda dan remaja.

”Dan untuk kalangan remaja, peran orang tua mendampingi, membimbing dan mengarahkan anak sangat vital. Selain peran Guru di Sekolah juga merupakan hal yang sangat penting,” tutupnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading