Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Hukum dan Kriminal

E2L Kalahkan Kejati Sulut di Sidang Praperadilan

Redaksi Manado Today   |   13 Agustus 2010 – 21:08 WITA

Manado Today – Sidang Praperadilan terhadap pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Manado siang tadi, akhirnya dimenangkan oleh pihak pemohon yaitu Elly Engelbert Lasut (E2L) .

Hakim yang memimpin sidang ini yaitu Aris Bokko SH, mengabulkan permohonan dari pihak E2L, bahwa penahanan yang dilakukan pihak kejati tidak sah.

Menurut pertimbangan hakim, dalam surat perintah penahanan nomor : PRINT-362/R.1/Ft.1/07/2010 tertanggal  20 juli 2010,  tidak bisa mengganti status tersangka menjadi terdakwa karena berkas perkaranya belum dilimpahkan dan diperiksa pihak pengadilan.

Yang juga menjadi pertimbangan hakim, diluar akal sehat jika pemohon yaitu E2L melarikan diri karena yang bersangkutan merupakan seorang publik figur serta sebagai salah satu calon dalam pemilihan kepala daerah.

 Ia juga menganggap salah satu alasan penahanan bahwa tersangka akan mengulangi perbuatannya tersebut tidak tepat.

“Yang bersangkutan tidak pernah dihukum atau menjadi narapidana, jadi tidak ada alasan untuk mengulangi perbuatan tersebut, “ jelas Bokko.

Serta, berdasarkan pasal 9 ayat (3) undang-undang nomor 12 tahun 2005 tentang pengesahan Internatonal Covenant On Civil and Political Rights (Perjanjian Internasional tentang Hak-hak Sipil dan Politik) menyatakan bukan merupakan suatu keharusan bahwa orang yang menunggu diadiliharus ditahan.

Dan dalam putusannya, hakim menyatakan surat perintah penunjukan penuntut umum dan surat perintah penahanan E2L oleh penuntut umum tidak berdasar dan dinyatakan batal demi hukum dan tidak lagi memiliki kekuatan hukum.

Selain itu, Hakim memerintahkan agar penahanan terhadap pemohon dibatalkan dan segera dibebaskan. (rafly)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading