Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Eceng Gondok Ancam Kelestarian Danau Limboto

Redaksi Manado Today   |   27 Maret 2011 – 11:34 WITA

Gorontalo Today – Tumbuhan Eceng Gondok atau Eichornia Crassipes memenuhi 30 persen permukaaan Danau Limboto di Provinsi Gorontalo.
Kepala bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup, Badan Lingkungan Hidup, Riset dan Teknologi Informasi (Balihristi) Provinsi Gorontalo, Rugaya Biki, Sabtu menyatakan tumbuhan gulma itu tersebar di bagian tengah, barat dan utara danau.
“Konsentrasi terbesar eceng gondok berada di bagian tengah danau,” ujarnya.
Ia mengatakan, penyebaran eceng gondok yang cukup signifikan ini cukup mempengaruhi kualitas air pada danau terbesar di Gorontalo itu serta makin memperparah sedimentasi danau.
Pihaknya sendiri, sudah berupaya menanggulangi dengan melatih warga setempat untuk memanfaatkan eceng Gondok, sebagai bahan baku kerajinan, namun upaya ini tidak berjalan maksimal.
“Pola pikir masyarakat belum terbuka sepenuhnya,” kata dia.
Secara umum, kondisi ekologi danau Limboto memang cukup memperihatinkan, kini kedalaman danau hanya tinggal 1,5 meter, dengan luas yang menyusut hingga 3000 hektare.
Penyusutan Danau limboto disebabkan oleh berbagai hal, selain pencemaran biologis dan kimiawi yang dihasilkan eceng gondok, juga diakibatkan oleh okupasi wilayah danau oleh masyarakat, penggundulan huta di hulu sungai, serta penangkapan dan budidaya ikan yang tidak ramah lingkungan.
Tanpa penanganan serius, ia memprediksi Danau Limboto akan punah dalam waktu 25 tahun ke depan. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading