Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Edaran Pusat Hambat Penyaluran BOS di Kota Manado

Redaksi Manado Today   |   24 Maret 2011 – 12:37 WITA

Manado Today -Pola penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2011 ternyata ditangani langsung pemerintah pusat dan dana langsung dan tidak lagi melalui pemerintah propinsi, ternyata tidak sepenuhnya efektif.

Hal ini terbukti dengan terhambatnya penyaluran dana BOS untuk kota Manado, akibat harus menunggu turunnya surat edaran dari pemerintah pusat yakni Kementerian Pendidikan Nasional, padahal dana sudah disalurkan ke rekening Pemkot Manado.

“Pemerintah tidak ada maksud untuk memperlambat penyaluran BOS. Hanya saja, petunjuk teknis penyaluran baru turun pada bulan Februari, sementara surat edaran pun turun dan mengatakan jika tanggal 15 Maret batas terakhir penyaluran atau akan kena sanksi. Bagaimana akan disalurkan, surat edara sudah turun disaat pemerintah baru melakukan sosialisasi tentang penggunaan BOS,” ujar salah satu anggota Dekot Manado, Amir Liputo.
Dijelaskan Liputo, dalam surat edaran itu, beberapa persyaratan cukup memberatkan daerah dalam merealisasikan dana BOS bagi sekolah. “Siapapun tentu tidak mau berusuran dengan hukum, sebab batas waktu 15 Maret disebutkan pelanggaran, sedangkan disisi lain sekolah membutuhkan dana tersebut,” kata Liputo.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Kemendiknas, Plt Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Suyanto mengatakan, pihak bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mempersiapkan surat keputusan bersama yang menyederhanakan persyaratan dokumen mengenai pencairan dana BOS ke sekolah di daerah. Penyederhanaan itu menyangkut Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) yang dibuat sekolah dan laporan pertanggung jawaban penyelenggaraan anggaran dan program sebagai syarat turunnya anggaran ke daerah di triwulan kedua dapat dibuat di akhir Mei. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading