Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

EE Mangindaan Pilih Manado Home Base di Indonesia Timur

Aldi Mawitjere   |   17 Juli 2012 – 13:23 WITA

Jalur Penerbangan Manado – Taiwan – Hongkong – Jepang

MANADO, (manadotoday.com) — Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan, ternyata aktor dibalik sukses akan dibukanya jalur penerbangan Manado ke tiga Negara yakni Taiwan, Jepang dan Hongkong.

Dijelaskan Mangindaan, keterkaitan dengan 2014 sudah open sky policy, sehingga diwilayah ASEAN sudah harus melebarkan sayap transportasi udara.

“Indonesia harus mengacu pada open sky policy tersebut. Saya ambil contoh, Singapura. Jika bisa masuk 10 kali penerbangan di Singapura, saya juga tentunya akan mendapat porsi yang sama seperti Singapura, artinya, tidak boleh lagi hanya Singapura yang kesini atau justru sebailiknya. Itu yang dimaksudkan dengan open sky police,”jelas mantan Gubernur Sulut ini kepada wartawan.

Khusus untuk kota Manado, policy diambil terkait dengan jalur penerbangan, Taiwan, Hongkong dan Jepang yang kesemuanya melalui kota Manado.

“Ketiga negara tersebut, bersama-sama kita membuka peluang penerbangan dengan air lines yang ada, baik BUMN maupun swasta. Nah, kebetulan Lion Air untuk Asia mereka yang terbesar disamping Garuda.  Kalau buat base di Jakarta tentunya kondisi disana terlalu bertumpuk hingga kita lebarkan, salah satunya jalan adalah saya pilih basenya di kota Manado,”beber Mangindaan.

“Dengan di kota Manado ditempatkan, saya pasti berikan kesempatan untuk air line lain untuk kuasai jalur lain. Untuk Jepang, Hongkong, Taiwan, Bali hingga ke Darwin, itu yang kita rintis dan memang trayeknya harus begitu. Nah, ketika buka jalur penerbangan tersebut, Indonesia Timur dipastikan akan terbuka,”tambah Mangindaan.

Dijelaskan Mangindaan, memang sebagai putra daerah Sulut, tentunya ada perhatian ke kota Manado. Tapi perlu dicatat, mari kita berpikir secara nasional dan internasional, karena rencana ini jelas tujuannya untuk orang banyak.

“Kebetulan letak geografi di Manado ada di gerbang pacific, sehingga pilihan jatuh di kota Manado,”tegasnya.

Disatu sisi, Mangindaan menjelaskan, dengan terbukanya jalur penerbangan beberapa negara tersebut yang base di kota Manado, ini membuat orang yang akan ke wilayah timur Indonesia akan semakin gampang dan disatu sisi semua potensi yang ada di Indonesia timur akan lebih dikenal dimata internasional.

“Contohnya kalau dari Hongkong ke Bali, ngapain lewat Jakarta. Bayangkan berapa waktu yang dibuang dan financenya. Begitu juga kalau ke Papua, kenapa harus lewat Jakarta atau medan dan sebagainya. Dari Manado, Lion Air yang tangkap ini peluang apalagi mereka juga bisa disebutkan sebagai perintis di daerah Indonesia dengan wings airnya,”tandas Mangindaan.

Sebelumnya, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM, menyatakan, kota Manado dilirik perusahaan penerbangan Lion Air yang rencananya pada Januari 2014 mendatang akan merintis rute penerbangan Manado-Taiwan, Manado-Jepang dan Manado-Hongkong.

“Bandara Sanratulangi akan menjadi home base Lion karena dalam pertemuan dengan tim Lion Air dari Bandara Samrat akan melayani rute penerbangan kota terdepat dari Kota Manado. Tapi selain itu, pihak Lion Air juga akan membuka rute penerbangan Manado-Taiwan, Manado-Jepang dan Manado Hongkong,”terang GSVL dan Ai sembari menegaskan, rute tersebut akan dirintis pada 1 Januari 2014 mendatang.

Lanjut kedua pemimpin kota Manado ini, pihak Lion Air akan membuka dermaga kapal pesiar di area reklamasi Boulevard Mall.

“Maksudnya, tamu-tamu atau turis dari Hongkong, Taiwan dan Jepang akan langsung ke kapal pesiar dengan paket tour ke Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat hingga terakhir ke Bali. Artinya jalur transportasi udara akan dihubungkan dengan jalur transportasi laut,”bebernya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading