Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Eksekutif Ajukan Ranperda RTRW Tomohon ke Legislatif

Ardi Kalumata   |   10 Desember 2011 – 16:00 WITA

Tomohon, MTC—Pemkot Tomohon melalui Plt Walikota Jimmy F Eman SE Ak, Jumat (9/12/2011) resmi mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam Rapat Paripurna.

Eksekutif Ajukan Ranperda RTRW Tomohon ke Legislatif

Jimmy F Eman SE Ak

Ada 11 poin yang akan dikembangkan sesuai RTRW Kota Tomohon hingga tahun 2031 mendatang. Kesebelas poin tersebut adalah pemanfaatan kawasan yang berfungsi lindung di wilayah Kota Tomohon, konservasi dan preservasi pada kawasan-kawasan lindung dan pada kawasan-kawasan kritis, pengendalian pembangunan pada kawasan-kawasan yang rawan terhadap bencana gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor dan banjir.

Kemudian, pembangunan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman yang sifatnya tamah lingkungan, pengembangan pembangunan kota yang berlandaskan pada aspek mitigasi bencana dengan merencanakan jalur-jalur evakuasi dan ruang evakuasi.

Selanjutnya, pengembangan system transportasi yang memberikan rasa aman dan nyaman di wilayah Kota Tomohon, pengembangan system energy yang terbarukan dan ramah lingkungan di seluruh wilayah Kota Tomohon, mempertahankan dan mengembangkan fungsi-fungsi yang telah berkembang dan telah menjadi bagian dari pencitraan Kota Tomohon yaitu fungsi pendidikan agar lebih dapat ditingkatkan lagi pada semua aspek fasilitas pendidikan dan melebarkan peran tersebut pada fungsi-fungsi yang lain seperti kesehatan, keagamaan dan lain-lain.

Berikut, pengembangan dan pelestarian keberlangsungan aktivitas industri rumah tradisonal Minahasa dengan menjamin ketersediaan bahan baku industri yang berbahan dasar kayu seperti menyediakan lahan bagi pengembangan hutan rakyat dan lain-lain, penetapan dan pengembangan kawasan-kawasan pusat pelayanan yang terstruktur di Kota Tomohon serta perencanaan dan pengendalian pembangunan dengan menyusun rencana detail tata ruang.

‘’Dengan memiliki Perda RTRW, ke depan Tomohon akan memiliki panduan untuk melaksanakan pembagunan dan pengembangan strategis,’’ kata Eman.

Sementara Ketua DPRD Tomohon Andy Raymond Sengkey SE mengatakan,agenda selanjutnya adalah pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda RTRW.

‘’Senin pekan depan, kita akan mendengarkan pemandangan umum fraksi-fraksi serta jawaban pihak eksekutif atas pemandangan umum tersebut,’’ kata Sengkey. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading