Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Eksponen Permesta Kembali ”Masuk Hutan”

David Masengi   |   2 Maret 2012 – 18:34 WITA

Rayakan HUT ke-55 Dengan Kegiatan Penghijauan
Ratahan, (manadotoday.com) – Kelompok pejuang Permesta Sulut, yang merupakan kelompok pejuang otonomisasi daerah yang terbentuk 55 tahun silam kini kembali beraksi di Hutan Minahasa Utara.
Namun aksi Permesta kali ini bukan untuk melakukan Revolusi, melainkan untuk melakukan aksi penghijauan dalam rangka merayakan HUT Permesta yang ke-55, yang jatuh pada 2 Maret.
Ketua Panitia Prof Ir O Rondonuwu MEc, menjelaskan, pelaksanaan upacara dan kegiatan penghijauan penanaman pohon Aren secara massal di wilayah Kecamatan Tombatu, Mitra, Jumat (2/3 2012) siang tadi, difokuskan untuk menggalakkan program Arenisasi massal.
”Kegiatan yang dilakukan ini sejalan dengan cita cita luhur seperti terkandung dalam Piagam Perjuangan Semesta (Permesta) yang dicetuskan di Makassar 2 Maret 1957, yang salah satu isinya adalah pelestarian lingkungan hidup,” ujar Rondonuwu.
Dijelaskan Rondonuwu, kegiatan arenisasi ini tujuannya untuk mengantisipasi krisis energi global, menyusul kondisi yang terjadi saat ini kandungan sumber energi fosil yang menghasilkan BBM sudah semakin menipis. Sementara pohon Aren sangat potensial menghasilkan nira (saguer) yang dapat dijadikan biofuel berupa etanol .
”Arenisasi sudah lama dikampanyekan, dan menjadi obsesi tokoh utama Permesta, Alm Ventje Sumual ,” ujarnya.
Sementara itu seksi publikasi Mautis Umboh, mengungkapkan kegiatan HUT Permesta ke 55 tahun ini diadakan di kabupaten Mitra, mengingat wilayah Mitra di masa perjuangan lalu merupakan basis konsolidasi dan terdapat banyak eksponen Permesta.
”Kegiatan ini mendapat respon Bupati Telly Tjanggulung, dan melibatkan sekitar 2000 personil eksponen Permesta dan generasi penerus, yang tergabung dalam berbagai organisasi bernuansa Permesta di Sulut, diantaranya Garda Inti Permesta, Ikaselanpe, KPPS, LRRI, ” terang Umboh.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading