Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Ekspor Tepung Kelapa Sulut Rambah Argentina

Staff Manado Today   |   22 Juni 2011 – 17:38 WITA

Manado Today – Tepung kelapa produksi industri di Sulawesi Utara (Sulut) semakin merambah luas ke pasar Amerika Selatan menyusul realisasi ekspor ke Argentina pada bulan Juni 2011.

“Ekspor ke Argentina sebanyak 13 ton mampu mendatangkan devisa sebesar 36.780 dolar AS, kendati masih kalah banyak dengan negara lain,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Hanny Wajong di Manado, Rabu.

Tetapi katanya terjadinya ekspor ke kawasan Amerika Selatan sesuatu yang menggembirakan.

Hanny mengatakan, Argentina termasuk negara tujuan ekspor non tradisional bagi Sulut, khususnya untuk komoditas tepung kelapa karena baru beberapa kali terjadi.

“Kita berharap Argentina menjadi salah satu pangsa pasar potensial di kemudian hari untuk komoditas tersebut, dan Sulut siap untuk mengoptimalkan bila permintaan negara tersebut bertambah,” kata Hanny.

Selama ini pangsa pasar tepung kelapa Sulut lebih terarah ke kawasan Eropa dan Asia, disusul kawasan Afrika terutama dalam satu tahun terakhir ini menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan.

Tepung kelapa merupakan salah satu komoditas unggulan daerah ini yang kendati dari sisi nilai masih kalah dengan produk lainnya, tetapi justru tercatat sebagai komoditas paling laris di berbagai negara.

“Komoditas tepung kelapa mampu merambah ke semua benua yang ada di dunia, hal ini tak lepas dari kualitas tepung daerah ini yang dinilai terbaik di dunia, tak heran bila menjadi incaran di banyak negara,”kata Hanny.

Komoditas tepung kelapa merupakan salah satu bahan baku untuk diolah menjadi berbagai jenis pangan di berbagai negara di dunia.

Provinsi Sulut berhasil mengembangkan tepung kelapa sebagai salah satu produk turunan kelapa atau integrated coconut dalam beberapa tahun terakhir ini, dan hingga kini berhasil menjadi penyumbang devisa cukup dominan. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading