Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Elemen Masyarakat Indikasikan Penyimpangan Kegiatan KPA Bitung

Staff Manado Today   |   6 Juli 2011 – 12:09 WITA

Bitung Today – Kegiatan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bitung selang 2010 hingga 2011 dinilai kurang maksimal. Padahal, menurut elemen masyarakat, kota Bitung merupakan daerah yang rentan dengan penyebaran penyakit HIV AIDS, karena merupakan Kota Pelabuhan dan daerah transit, aktivis LSM Lembeh Bersatu Muzakir ‘Polo’ Boven pada manadotoday menyebutkan dirinya menilai sejumlah kegiatan KPA menyangkut penggunaan dana bantuan Global fund patut dipertanyakan.

“Operasional kegiatan KPA harus diperjelas secara administrasi,” ungkap Boven.

Ia pun membeberkan dengan gamblang sejumlah kegiatan plus anggaran yang digunakan KPA , antara lain lain laporan pertanggungjawaban KPA ke pusat yang diduga direkayasa pihak sekretariat terhitung November 2010 hingga Juli 2011, khususnya untuk makan minum (MaMi), Pertemuan rutin sebulan 4 kali yang dinilai tidak mencapai target, kelompok pengguna jarum suntik (penasun) yang ditarget sebanyak 10 orang hanya capai 3-7 orang.

Ditambah keterlibatan stakeholder dalam setiap kegiatan yang seharusnya 20 orang ternyata hanya diikurti oleh 3-4 orang.

“Dalam setiap pertemuan diberikan 50 ribu untuk setiap peserta, namun menurut data hanya 15-25 ribu saja, ini artinya sudah menyimpang,” tandas Boven.

Bukan hanya itu, kelompok mucikari yang dianggarkan 40 orang untuk makan dan snack dalam pertemuan ternyata tidak sama.

“Beberapa temuan ini yang perlu dipertanggung jawabkan secara jelas dan transparan oleh Sekretaris KPA,” tuntasnya.

Sementara itu Sekretaris Komisi A DPRD Bitung, Wellem Wuwungan, ketika dimintai tanggapannya terkait hal ini, mengaku, pihaknya akan menelusuri hal itu dan jika terdapat indikasi penyalahgunaan anggaran pada KPA, maka pihaknya akan memanggil hearing Sekretaris KPA.

“Komisi A akan angkat hal ini dalam hearing bersama Dinkes Bitung, dan ini akan menjadi perhatian Komisi A,” ujar Wuwungan. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading