Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline

Elly Lasut Divonis Tujuh Tahun

Redaksi Manado Today   |   31 Desember 2010 – 18:15 WITA
Penasihat Hukum dan JPU Pikir-Pikir
Manado Today - Meskipun tanpa dihadiri terdakwa Elly Engelbert Lasut (E2L) mantan Bupati kabupaten Talaud, majelis hakim yang diketuai Edhi Sudarmuhono SH hari ini, Jumat (31/12) tetap membacakan putusan sidang kasus korupsi SPPD Bupati Talaud tahun 2006-2008. Elly vonis bersalah dengan hukuman tujuh tahun penjara dan denda sebesar Rp 200 juta Subsidair kurungan penjara enam bulan. Selain itu Selain itu, Elly juga diharuskan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 5.537.960.000 yang jika tidak dapat dilunasi dalam jangka waktu satu bulan maka harta bendanya akan dilelang guna menutupi kerugian negara tersebut, dan apabila tidak mencukupi maka diganti dengan hukuman kurungan selama 2 tahun.
“Berdasarkan surat pernyataan dari terdakwa bahwa dirinya bersedia putusan ini dibacakan tanpa kehadirannya,” jelas Sudarmuhono.
Diketahui sidang putusan In Absensia ini (putusan tanpa kehadiran terdakwa), mengacu pada undang-undang pokok kehakiman pasal 12 ayat 2 yaitu pembacaan putusan dapat dilakukan walaupun tanpa dihadiri oleh terdakwa.
Pertimbangan majelis hakim menjatuhkan vonis ini selain merugikan keuangan negara, Elly menyuruh oknum bendahara Lenny Takarendehang untuk membuat SPPD Fiktif dan Cap Palsu.
Mendengarkan vonis ini, baik Kuasa hukum Elly yaitu Sammy Mananoma SH.MH dan tim JPU menyatakan pikir-pikir terhadap putusan ini. (rafly)
Dikirim melalui Facebook Seluler
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

  • Tirza Sarendeng mengatakan:

    BRAVO N SALUT buat KEJATI SULUT. Inilah bukti kekokohan hukum di bumi nyiur melambaiku, tak bergeming dengan demo apalagi intervensi. Once more BRAVO N BRILIAN untuk KEJATI SULUT. Kau telah sedikit menghapus derai air mata masyarakat Talaud yang teraniapu. Kiranya TUHAN selalu menyertai kita.

  • Revlus Udampo mengatakan:

    PUJI TUHAN ATAS PUTUSAN INI.ITU FAKTA BAHWA TUHAN ADA DI PIHAK KAMI MASYARAKAT TALAUD…TUHAN BERKATI KEJATI SULUT DAN JAJARANNYA…MASIH ADA LAGI KORUPSI DISANA,BABAT SAMPAI TUNTAS….

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading