Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Tomohon

Eman Canangkan Gerakan Kewirausahaan Nasional

Staff Manado Today   |   4 April 2011 – 15:19 WITA

Turut Lantik 11 Pengurus dan Banwas Koperasi

Tomohon Today – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin (4/4) bertempat di Aula Happy Lyste Kakaskasen I Tomohon Utara mencanangkan Gerakan Kewirausahaan Nasional serta melantik pengurus dan Badan Pengawas (Banwas) 11 koperasi yang ada di Kota Tomohon.

Plt Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, saat melantik pengurus dan banwas koperasi

Plt Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, saat melantik pengurus dan banwas koperasi

Saat memberikan sambutan, Eman mengatakan bahwa ada banyak cara pemerintah memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah. Yakni dengan menumbuhkan kemandirian, kebersamaan untuk berkarya dengan prakarsa sendiri. Kemudian dengan mewujudkan kebijakan publik yang transparan, akuntabel dan berkeadilan, meningkatkan daya saing serta menyelenggarakan perencanaan terpadu.

‘’Salah satu tujuan pemberdayaan ini adalah meningkatkan peran serta UMKM dalam pembangunan daerah, penciptaan lapangan kerja, pemerataan pendapatan, pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan,’’ kata Eman.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi saat membawakan laporan mengatakan, selain pencanangan gerakan kewirausahaan dan pelantikan, kegiatan lainnya adalah sosialisasi dukungan informasi permodalan bagi Koperasi dan UMKM, Sosialisasi HKI dan sosialisasi kebijakan UMKM.

‘’Peserta terdiri dari unsur pemerintah Kota Tomohon, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah serta koperasi, generasi muda termasuk siswa, unsur Perbankan, kanwil Kementrian Hukum dan HAM, Dinas Koperasi dan UMKM,’’ jelas Lumowa.

Sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah menumbuhkembangkan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan, terciptanya koordinasi ketepaduan antara pemerintah dengan dunia usaha. Kemudian mewujudkan kemampuan dan kemantapan para pengusaha untuk dapat menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, membudayakan semangat sikap perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat. Selain itu agar koperasi dan UMKM dapat menggunakan Hak kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk hak cipta, hak paten dan hak merek. Dan tujuan yang terakhir adalah tersedianya dukungan informasi permodalan bagi koperasi dan UMKM pada sumber-sumber pembiayaan melalui lembaga keuangan. Turut hadir pada acara tersebut Plt Sekkot Drs Arnold Poli SH MAP dan para kepala dinas, badan, kantor dan jajaran Pemkot Tomohon. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading