Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Eman Diminta Copot Pejabat Lakukan Pungli

Ardi Kalumata   |   31 Januari 2012 – 09:15 WITA

Tomohon, (manadotoday.com)—Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diminta agar segera mencopot kepala dinas yang di SKPD-nya terjadi Pungutan Liar (Pungli).
‘’Ya, kalau memang bukan dilakukan oleh kepala dinas, berarti anak buahnya. Nah, jika ini yang terjadi, berarti kepala dinas tidak melakukan pengawasan kepada anak buah. Berarti ia tidak kerja maksimal. Lebih baik ganti saja dengan pejabat yang mau bekerja maksimal,’’ tegas Rolland S Mamahit dan Regina F Palit.
Keduanya mencontohkan yang terjadi di Dinas Kehutanan dan Perkebunan, di mana para pengusaha rumah panggung diwajibkan menyetor 2,5 persen dari hasil penjualan rumah panggung. Bagi pengusaha yang menjual produknya ke luar daerah. Sementara di dalam daerah sendiri, hanya mematok Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu.
Kepala Dishutbun Ir Corry Caroles kepada mengaku jika apa yang dituduhkan ke instansinya soal Pungli sama sekali tidak benar.
‘’Itu hanya kerelaan. Hanya rasa kasihan dari pengusaha rumah panggung kepada staf saya yang mengantar berkas untuk saya tandatangani. Sebab jika tak ada rekomendasi dari saya, rumah panggung tak bisa dijual,’’ kata Caroles.
Diberitakan sebelumnya, dari pengakuan pengusaha rumah panggung, untuk menjual rumah mereka wajib memberikan Rp 500 ribu untuk penjualan dalam daerah serta 2,5 persen harga jual rumah untuk luar daerah. Malahan, kalau ke luar negeri sudah lebih tinggi. Ada yang mencapai 15 persen harga jual rumah.
Padahal, Dishutbun tak dibebankan Pendapatan Asli daerah (PAD) alias bebas PAD.
Yang jadi pertanyaan, uang yang disetor tersebut dikemanakan. Kajari Tomohon melalui kasie Intel Ade Chandra SH mengungkapkan bahwa pihaknya siap untuk menelusuri kasus tersebut. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading