Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Eman: Masyarakat Berhak Mengakses Informasi dari Badan Publik

Ardi Kalumata   |   24 Mei 2012 – 23:18 WITA
Pemkot Tomohon

Uji Publik Pedoman Informasi yang Terbuka dan Dikecualikan

TOMOHON, (manadotoday.com)—Disahkannya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik pada 3 April 2008, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki peraturan yang menjamin hak warga atas informasi. Dengan demikian, harapan terwujudnya pemerintahan yang transparan dan akuntabel sudah terlembagakan.‘’Masyarakat sudah memiliki jam inan hukum yang mengatur haknya mengakses informasi dari badan publik. Jadi, masyarakat memiliki hak untuk mengakses informasi publik tersebut,’’ ungkap Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam kegiatan Uji Publik Pedoman Informasi yang Terbuka dan Dikecualikan bertempat di Lokon Boutique Resort Kakaskasen Tomohon Utara Kamis (24/5).

Menurut Walikota, keterlibatan masyarakat merupakan bagian dari pengawasan terhadap jalannya pemerintahan.  Dalam konteks Good Government lanjutnya, keterbukaan informasi publik adalah suatu keharusan. Sehingga pemerintahan akan berlangsung secara transparan yang melibatkan partisipasi masyarakat secara optimal dalam seluruh proses pemerintahan, mulai dari pengambilan, pelaksanaan serta evaluasi keputusan.

‘’Pemerintah Kota Tomohon telah berkomitmen untuk menciptakan sistem informasi dan Komunikasi, sekaligus meningkatkan kepercayaan public terhadap informasi pemerintah, dimana pemerintah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan peran serta masyarakat sebagai agen informasi,’’ tambah Walikota.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, mewakili DirJen Informatika Komunikasi Publik, Direktur Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi Dan Informatika RI Drs Tulus Subarjono, Pusat Informasi Dan Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika Sukosomo MSi, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Tomohon Dra Lily Solang MM, para peserta Uji Publik Pedoman Informatika yang terbuka dan dikecualikan dan Nara Sumber Drs Supomo MM dari Kementerian Kominfo. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading