Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Eman Motivasi Anak pengungsi Lokon Tetap Sekolah

Staff Manado Today   |   24 Juli 2011 – 10:37 WITA

Tomohon Today – Pelaksana tugas Wali Kota Tomohon Jimmy Eman memotivasi anak-anak yang menjadi pengungsi akibat letusan Gunung Lokon untuk terus sekolah dan tetap belajar.

“Saya berharap anak-anak untuk terus sekolah dan giat belajar agar menjadi anak cerdas,” katanya saat memperingati Hari Anak Nasional bersama-sama anak-anak pengungsi letusan Gunung Lokon, di Tomohon.

Peringatan Hari Anak Nasional itu dilaksanakan atas kerja sama Kementerian Sosial dan Pemerintah Kota Tomohon. Kegiatannya dipusatkan di lokasi pengungsian Taman Kota yang dihadiri sekitar 1.700 orang anak dari sekitar 23 titik lokasi pengungsian.

Jimmy Eman mengatakan, para orang tua juga harus mendorong anak-anaknya untuk terus bersekolah dan menuntut ilmu.

Pemerintah Kota Tomohon, kata Eman, memberikan perhatian serius bagi kemajuan pendidikan anak di daerah ini.

Ia mengatakan, berbagai kemudahan telah dilakukan seperti pemberian dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan beasiswa agar anak-anak dapat bersekolah.

“Langkah itu juga untuk mendukung wajib belajar sembilan tahun,” kata Eman.

Peringatan Hari Anak Nasional bertajuk “one for children” itu mengangkat tema “dengan senyum kutatap dunia”, dan diisi dengan kegiatan edukatif, menggambar, mendongeng.

Selain itu juga ditampilkan atraksi kesenian yang diperagakan anak-anak sekolah dasar seperti tari maengket dan tari cakalele.

Aktivitas Gunung Lokon sejak bulan lalu terus meningkat, dan pada 27 Juni 2011 status gunung itu ditetapkan siaga, kemudian 10 Juli 2011 ditingkatkan ke status awas.

Peningkatan aktivitas disertai meletusnya Gunung Lokon beberapa waktu lalu menyebabkan 5.369 orang warga di Kelurahan Kinilow, Kelurahan Kinilow 1 dan Kakaskasen 1 harus diungsikan ke sejumlah tempat.

Pengungsi itu tersebar pada 23 titik lokasi pengungsian antara lain balai pertemuan umum kelurahan, aula gereja, ruang kuliah Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Universitas Negeri Manado (Unima) di Tomohon, aula Parakletos, rumah dinas Sinode GMIM dan masjid.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading