Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Eman : Tolak Jika Raskin yang Didistribusi Jelek

Ardi Kalumata   |   10 November 2011 – 18:53 WITA
plt waliota tomohon

Plt Walikota Tomohon : Jimmy F Eman SE Ak

Tomohon, MTC – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menegaskan, jika Beras Miskin (Raskin) yang didistribusi ke kelurahan-kelurahan jelek, lurah boleh menolaknya. Dan, ini dibenarkan sehingga pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menggantinya.
Hal ini dikatakan Eman pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Raskin 2011 dan Penyiapan Rumah Tangga Sasaran Program Raskin 2012 bertempat di aula lantai 3 Kantor Walikota Tomohon Kamis (9/11) yang dilaksanakan Bagian Perekonomian Setdakot Tomohon.
Rapat evaluasi itu sendiri dihadiri Kepala Badan Statistik Kota Tomohon, Olden Lahamendu BST SE MSi, Sekretaris Perum Bulog Drive Sulut Nico Mawuntu, Assisten Perekonomian Dra Truusje Kaunang para Camat dan Lurah se-Kota Tomohon.
‘’Pemberian Raskin merupakan program untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu. Tapi, jika yang didistribusi jelek, masyarakat boleh menolaknya,’’ kata Eman.
Program Raskin tambahnya, merupakan program dan lintas sektoral baik vertikal maupun horizontal. Selanjutnya dalam rangka peningkatan efektifitas program raskin 2012 ini juga diperlukan adanya sinkronisasi dan koordinasi antara seluruh komponen masyarakat.
Menurutnya, ada beberapa indicator keberhasilan program raskin. Yaitu, tepat sasaran penerima manfaat. Raskin diberikan kepada rumah tangga sebagai sasaran penerima manfaat hasil musyawarah kelurahan yang terdaftar DPM-1.
Kemudian, tepat jumlah, yaitu jumlah beras raskin merupakan hak rumah tangga sebagai sasaran penerima.
Ketiga, tepat harga, yaitu harga tebus Raskin sebesar Rp 1600/kg netto di titik restribusi.
Selanjutnya, tepat administrasi, yaitu terpenuhinya persyaratan administrasi secara benar dan yang terakhir, tepat kualitas yaitu, terpenuhinya persyaratan kualitas beras sesuai dengan kualitas beras Bulog.
Menjawab hal ini, Sekretaris Perum Bulog Drive Sulut Nico Mawuntu mengatakan, beras bisa dikembalikan dan diganti oleh Bulog jika begitu didistribusi langsung diperiksa dan dilaporkan. Atau paling lambat hingga keesokan harinya. Tapi, jika sudah lewat dari itu, pihaknya sudah tidak akan menggantinya lagi.
‘’Tugas kami hanya mengantarnya hingga ke lokasi distribusi,’’ tukasnya seraya menambahkan untuk tahun 2011, Rumah Tangga Sasaran di Kota Tomohon Berjumlah 5.636. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading