Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Empat Kapal Illegal Fishing Ditangkap Bakorkamla

Staff Manado Today   |   14 Mei 2011 – 08:15 WITA

Bitung Today – Empat Kapal jenis funboat yang diduga pelaku illegal fishing ditangkap KRI Tedung Selar 824, dibawah Komando operasi Badan Koordianasi keamanan laut (Bakorkamla) dengan Komandan Mayor (P) Asep Aryansyah saat melakukan operasi rutin di perairan Talaud, Rabu (11/05/2011).Keempat kapal bernama Markjunlie, LJ serta dua lainnya tanpa nama, beserta 22 ABK an 10 diantaranya diduga warga negara Filipina, serta barang bukti terdiri 3 ekor ikan tuna seberat 50-60 kilogram, 22 ekor ikan berbagai jenis, saat ini telah diamankan di Pelabuhan, Angkatan Laut (AL) Samuel Languyu, Bitung, untuk selanjutnya ditindaklanjuti dan diserahkan kepada instansi terkait dibawah koordiansi Bakorkamla.

Kolonel Maritim Rahman Lubis, Komandan Satuan (Dansat) 2 wilayah tengah Indonesia, Jumat (13/03/2011) menduga keempat kapal tersebut, tidak memiliki kelengkapan berkas, penangkapan ikan ilegal (illegal fishing), pelanggaran imigrasi, dan pelanggaran pelayaran lainnya.

”Kasus ini akan diserahkan ke instansi yang berkompeten. Untuk Pelayaran dan kelengkapan berkas menjadi tanggung jawab KPLP, ABK Piliphina pada pihak Imigrasi,”ujarnya.

Lubis kemudian menjelaskan bahwa fungsi Bakorkamla, adalah berkoordinasi dengan 12 instansi, untuk melakukan Operasi keamanan laut, sehingga penangkapan dari setiap operasi segera ditindaklanjuti oleh masing masing stake holder. ”Karena sasarannya adalah semua pelaku illegal,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubsi Infokim Radinson Saragih mengatakan, untuk 10 ABK yang diduga warga negara Filipina, harus diperiksa secara teliti untuk memastikan asli orang Filipina atau bukan.

”Para ABK akan dikirim ke rumah deteksi Imigrasi di Manado,dan akan berkoordinasi dengan Konsulat Jendera Filipina. Dan apabila terdata sebagai warga Filipina akan dilakukan deportasi, asalkan tidak tersangkut kasus tindak pidana,” ungkapnya sembari menambahkan Deportasi bisa dilakukan apabila ia telah, menjalankan hukuman. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading