Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Enam Bulan Tempati Rusunawa, Warga Eks Candi Harus Bayar Sewa

Staff Manado Today   |   8 Mei 2011 – 12:28 WITA

Bitung Today – Warga eks Candi yang saat ini menghuni Rusunawa Wangurer, setelah enam bulan diharuskan membayar sewa Rusunawa. Meski begitu sejumlah warga, mengeluhkan bahwa waktu yang diberikan tidak cukup untuk mengumpulkan uang untuk membangun rumah layak huni.”Waktu enam bulan tidak cukup untuk mengumpulkan uang. Apalagi pendapatan kami hanya terbatas untuk makan sehari, sementara untuk membangun rumah perlu ongkos yang banyak,” keluh sejumlah warga yang saat ini menempati Rusunawa pasca dikosongkannya lahan Candi pada Maret silam.

Keluhan ini mendapat tanggapan anggota DPRD Bitung, Arifin Dunggio SSos. Legislator senior ini mengisyaratkan agar warga eks Candi yang ditempatkan di rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) untuk bisa mentaati aturan dan harus mengikuti mekanisme yang berlaku. Sebab, setelah enam bulan, mereka harus mulai membayar sewa jika masih ingin menempati Rusunawa.

”Enam bulan untuk tinggal di Rusunawa itu hanya kebijakan pemerintah. Sembari mereka mempersipkan segala sesuatunya, karena rusunawa dibangun bukan untuk digratiskan,” terang Dunggio.

Pun begitu Dunggio mengakui bahwa keluhan itu sangat manusiawi. Namun harus pula diingat bahwa mereka-mereka ini sudah diberikan lahan atau tempat di kawasan Aerpach dan tidak boleh disia-siakan lahan tersebut, apalagi menjualnya. Kerena yang terjadi dimana ada beberapa warga ketika mendapatkan jatah lahan untuk bangun rumah, ternyata dijual dan kembali ke lokasi Candi, dan hal ini tidak boleh dibenarkan.

”Kesempatan selama enam bulan tinggal di Rusunawa merupakan kebijakan yang tepat dan bijaksana. Demikian warga pun diminta untuk mentaati dan mengikuti aturan, bukan seenaknya mendesak pemerintah sebab persoalan ini bukan masalah bencana,” tuntasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading