Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Eropa Krisis Keuangan, Sulut Optimis Ekspor Tetap Tinggi

Redaksi Manado Today   |   11 Oktober 2011 – 15:37 WITA

Manadotoday.com, Manado – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan mengaku optimis, ekspor ke kawasan Eropa tetap tinggi, meskipun kawasan itu mengalami krisis keuangan.

“Sebagian besar komoditas ekspor Sulut ke Eropa merupakan produk pangan yang tetap dibutuhkan masyarakat di saat krisis sekalipun, karena itu yakin pengiriman komoditas Sulut tetap tinggi,” kata Parengkuan di baru-baru ini.
Lebih lanjut urai Parengkuan, sebagian besar komoditas unggulan Sulut yang diekspor ke Eropa, merupakan bahan kebutuhan pokok masyarakat di kawasan tersebut yang tetap dicari setiap hari. “Salah satu indikator rasa optimitis pemerintah daerah, yakni belum adanya laporan dari pengekspor bahwa terjadi pembatalan ataupun pengurangan kontrak ekspor,” kata Sanny.
Koordinasi yang dilakukan dengan pengekspor di daerah ini, kata Sanny menyebutkan permintaan pengiriman barang ke negara tujuan termasuk di Eropa masih sesuai dengan kontrak awal. “Ekspor oleh pengekspor Sulut ke berbagai negara di dunia, sebagian besar sudah terikat kontrak yang dilakukan jauh hari sebelumnya dengan pihak buyer,” kata Sanny.
Bila ada perubahan, kata Sanny, pasti negara pembeli, akan memberi tahu pelaku ekspor di daerah ini. Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengatakan, negara di kawasan Eropa merupakan pembeli potensial komoditas unggulan Sulut.
“Beberapa negara Eropa yang hingga kini menjadi pembeli potensial komoditas Sulut diantaranya, Belanda, Jerman, Inggris, Italia, Spanyol, Rusia,” kata Hanny.
Sementara komoditas Sulut yang banyak diekspor ke kawasan Eropa hingga awal Oktober 2011, yakni minyak kelapa kasar, tepung kelapa, pala dan fuli, dan beberapa produk perikanan lainnya. (ant/hma)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading