Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Fantastis! Biaya MaMi Dekot Hampir Setengah Miliar

Staff Manado Today   |   1 Juni 2011 – 10:25 WITA

Manado Today – Sungguh fantastis uang rakyat yang mengalir anggota DPRD. Setelah sebelumnya diberitakan biaya untuk pakaian dinas para wakil rakyat tersebut mencapai ratusan juta rupiah untuktahun 2011 ini, kini jumlah yang hampir sama juga dianggarkan untuk biaya makan minum (MaMi).

Data yang berhasil diterima harian ini, untuk makan minum dekot terbagi dalam empat kategori, dimana yang pertama untuk tamu dianggarkan sebesar Rp 98.795.000. Makan minum untuk rapat-rapat biasa mencapai Rp 95.000.000, biaya makn minum untuk rapat paripurna Rp 195.000.000, serta biaya untuk kegiatan dialog seperti hearing dan lainnya yang jumlahnya juga mendekati angka 100 juta rupiah.

Sekretaris DPRD Manado, Drs Denny L Mandagi MSi yang dikonfirmasi terkait hal ini, di ruang kerjanya, Rabu (1/06/2011) tidak membantah jumlah tersebut. “Anggaran itu sudah tertata dalam APBD tahun 2011, dan masuk dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran atau DPA sekretariat DPRD Manado,” jelas Manadagi.

Lanjut dikatakannya, untuk pengadaan makanan dan minuman tersebut, sesuai dengan Perpres nomor 53 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah, dimana anggaran diatas Rp 200 juta wajib dilakukan tender, maka pihaknya kata Mandagi, telah melaksanakan tender untuk empat paket pengadaan makanan dani minuman tersebut.

Ironisnya, saat ditanya perusahaan mana yang menang dalam pelaksanaan tender, enggan dijawab oleh Mandagi, karena menurutnya tidak ia ketahui, dengan alasan proses tender tersebut dilakukan oleh panitia. “Kalau pemenang tender saya tidak tahu jelas, karena dilakukan oleh panitia. Kami tidak berwenang untuk itu,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pemerhati masalah pemerintahan dan kemasyarakatan, Terry Umboh mengatakan, seharusnya anggota DPRD malu kepada masyarakat, karena pekerjaan mereka tidak maksimal, tapi dana yang mengalir terlalu besar.

“Penggunaan anggaran-anggaran di dewan harus diawasai secara ketat, karena sangat rawan terjadi penyimpangan, apalagi itu bersumber dari APBD,” tegas Umboh. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading