Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Farid : Letusan Satu Arah Gunung Lokon Harus Diwaspadai

Ardi Kalumata   |   22 Februari 2012 – 08:07 WITA
Letusan gunung lokon

Letusan satu arah dari Gunung Lokon harus diwaspadai

Tomohon, (manadotoday.com)—Kepala Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina mengatakan, letusan satu arah dari Gunung Lokon harus diwaspadai.
Pasalnya, jika hal tersebut terjadi, maka material akan menumpuk di satu lokasi sehingga menumpuk.
‘’Ini harus diperhatikan, sebab jika terjadi begitu, berarti lokasi tersebut akan banyak material sehingga menyulitkan,’’ katanya.
Selain itu, Farid mengingatkan soal arah angin. Dengan mengetahui arah angin, begitu terjadi letusan, jalur evakuasi atau penyelamatan warga akan bisa dilakukan tanpa menemui kesulitan berarti.
Dikatakannya, dengan aktivitasnya seperti saat ini, jika Gunung Lokon meletus, lontaran material seperti batu bisa mencapai 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan.
Untuk itu, warga yang bermukim dekat dengan kawah harus mendapat penanganan ekstra. Saat ini, warga yang bermukim sekitar 2,5 hingga 3 kilometer dari Kawah Tompaluan, yakni di Kinilow ada sekitar 270 jiwa.
‘’Sebaiknya, lokasi pemukiman jarak 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan supaya dikosongkan. Begitu juga dengan aktivitas di sana supaya dihentikan sementara,’’ katanya.
Pemkot Tomohon sendiri sudah menyiapkan langkah-langkah antisipatif jika Gunung Lokon meletus lebih besar dari letusan yang terjadi beberapa waktu lalu. Selasa (21/2) kemarin menggelar rapat koordinasi dengan semua instansi terkait dipimpin Komandan Tanggap Darurat yang juga Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Drs Arnold Poli SH MAP. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading