Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Festival Figura Kota Manado

Redaksi Manado Today   |   5 Februari 2011 – 22:43 WITA

Figura salah satu budaya kota Manado yang perlu dilestarikan

Manado Today – Pelaksanaan pesta ‘kunci tahun’ warga kota Manado yang dikemas dalam acara Festival Figura, Sabtu (05/02/2011), berlangsung meriah dibuka Sekretaris Kota (Sekkot) Manado, Harold PB Monareh SH MSi, mewakili walikota.

Kegiatan yang mengambil start di Manado Convention Center (MCC) dan berakhir di Mega Trade Center (MTC), dilepas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Manado, Hendrik Warokka SPd DEA, sekitar pukul 15.00. Arak-arakan puluhan peserta Festival Figura tampak memadati jalan Piere Tendean boulevard. Selain, peserta dari kelurahan, ada pula peserta yang berasal dari utusan sekolah-sekolah baik SD, SMP maupun SMA dan Perguruan Tinggi.

Ada juga peserta dari luar kota Manado seperti Figura Putih Lemoh, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa serta Poopo Minahasa Selatan.

Sepanjang perjalanan yang dilalui peserta figura selalu mengundang tawa penonton yang memadati jalan boulevard. Sebab, para peserta menampilkan pakaian dan gerakan yang lucu dan unik. Umumnya, peserta pria berpakaian wanita demikian pula sebaliknya.

Sekkot Manado, Harold Monareh, dalam sambutannya mengatakan figura merupakan budaya kota Manado yang harus terus dilestarikan. Terutama dalam menunjang visi Manado Kota Model Ekowisata serta misi menjadikan kota Manado sebagai kota yang menyenangkan.

“Pada dasarnya pemerintah selalu mendorong adanyakreatifitas masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai budaya di kota Manado. Kegiatan figura seperti ini telah menjadi agenda tahunan pemerintah dalam rangka menunjang pariwisata Manado,”pungkas Monareh.

Atas nama Pemkot Manado, Monareh juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas keikutsertaan warga kota Manado dalam kegiatan tersebut. Selain itu, keterlibatan kalangan swasta yang turut mendukung terlaksananya iven pariwisata Manado itu mendapat apresiasi yang tinggi dari pemerintah.

Sementara itu, Kepala Disparbud Manado, Hendrik Waroka, mengatakan festival figura yang dilaksanakan setiap tahun itu merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke daerah ini. Disamping itu, kegiatan itu pula turut melestarikan budaya yang berkembang ditengah masyarakat kota Manado.

Tampil sebagai pemenang untuk kategori tradisional adalah Kelurahan Mahakeret Timur, kemudian kategori modern dari GWL Kawanua, serta kategori kontemporer dimenangkan Figura Putih Lemoh Tombariri. Sedangkan yel-yel terfavorit jatuh pada peserta dari Kelurahan Mahakeret Barat.(ald)

Hasil Lomba Festival Figura Manado 2011

Kategori Tradisional

Juara 1 nilai 450 no urut 28 Kelurahan Mahakeret Timur

Juara 2 nilai 447 no urut 24 Kelurahan Bumi Beringin

Juara 3 nilai 441 no urut 35 Kelurahan Mahakeret Barat

Kategori Modern

Juara 1 nilai 440 no urut 15 GWL Kawanua Malalayang

Juara 2 nilai 438 no urut 32 Kelurahan Tanjung Batu

Juara 3 nilai 435 no urut 43 Kelurahan Tikala Baru

Kategori Kontemporer

Juara 1 nilai 442 no urut 29 Figura Putih Lemoh Tombariri

Juara 2 nilai 439 no urut 21 Wolay Poopo

Juara 3 nilai 435 no urut 08 Stiepar Manado

Kategori yel-yel (terfavorit) no urut 35 Mahakeret Barat

Sumber: Disparbud Manado

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading