Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Flu Burung Serang Ayam Buras Warga

Staff Manado Today   |   29 April 2011 – 09:38 WITA

Gorontalo Today – Dinas Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo mengungkapkan ternak yang positif terkena wabah virus H5NI atau Flu Burung di daerah itu adalah ayam buras.Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Abdurrahman Hasan di Bone Bolango mengatakan, terjadinya kasus flu burung di daerah itu di sebabkan oleh penyebaran yang berasal dari Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

“Karena letak Kabupaten Bone Bolango dengan kedua daerah tersebut sangat berdekatan maka wajarlah jika virus H5NI cepat menyebar. Apalagi di dukung dengan cuaca hujan setiap hari,” katanya.

Dia menjelaskan, selain melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin ke seluruh desa yang ada didaerah itu, pihaknya juga mulai melakukan pendataan ternak unggas milik warga untuk mengatasi virus tersebut.

Dari hasil pendataan tersebut pihaknya menemukan bahwa 359 ekor ternak yang terserang virus H5NI itu adalah ayam buras.

“Ada juga yang mati mendadak tapi setelah ditest ternyata hasilnya negatif,” katanya.

Namun, tambahnya, meskipun telah dinyatakan negatif, pemerintah Kabupaten Bone Bolango menetapkan untuk memusnahkan semua ternak tersebut secara bersamaan.

Dia mengungkapkan bahwa ayam buras yang terbukti positif terserang virus H5NI itu terdapat di wilayah Kecamatan Tilongkabila, Botupingge, Kabila, Bulango Timur, dan Suwawa.

Menurut Abdurrahman, ayam buras yang mati mendadak karena penyakit lainnya berjumlah 435 ekor ternak.(ant/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading