Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

FMPL Kecewa terhadap Pernyataan Ramdhani Soal Status Pemukiman Kalatin

Staff Manado Today   |   19 Januari 2012 – 16:23 WITA

Ratahan, (manadotoday.com) – Warga Ratahan lewat Forum Masyarakat Peduli lingkungan (FMPL) mengaku kecewa terhadap pernyataan salah satu anggota DPRD Sulut Benny Ramdhani yang menjamin bahwa pemukiman Kalatin di Kecamatan Ratahan Timur bisa didefinitifkan menjadi Desa.
“Dari dulu kami sangat menolak keberadaan pemukiman Kalatin karena pertimbangan kerusakan hutan dan warga Ratahan sudah pernah merasakan dampaknya lewat bencana banjir bandang. Dan sekarang kok ada anggota DPRD yang seenaknya bicara seperti itu. Kami sebagai warga Ratahan kecewa dengan pernyataan pak Ramdhani ,” kata Salah satu Aktivis Lingkungan Mitra Lucky Kaihatu.
Kekecewaan warga Ratahan ini beralasan mengingat sejauh ini, secara geografis pemukiman Kalatin berada di kawasan Hutan Lindung gunung Manimporok yang merupakan sumber mata air bagi warga Ratahan, dan keberadaan pemukiman Kalatin bisa mengancam kerusakan hutan lindung sehingga mengancam warga Ratahan, bahkan secara keseluruhan Ibu Kota Kabupaten Minahasa Tenggara yang terletak di bawah kaki Gunung Manimporok dengan ancaman banjir bandang.
Dikatakannya kalau menyangkut Undang-undang kedaulatan rakyat, masyarakat kalatin sendiri sudah pernah dilakukan pendekatan persuasif oleh pemkab dan menyediakan tempat relokasi di pemukiman Nazareth yang kini di tempati warga Transmigran Nazareth karena dikawatirkan dengan terus bermukimnya warga kalatin di kawasan Hutan Manimporok, dampak kerugian lingkungan dan ancaman musibah sangat besar namun warga kalatinsendiri yang menolak.
” Jadi konsekuensinya, mereka tidak akan pernah di definitifkan oleh alasan tadi” kata Kaihatu. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading