Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Forum Lalu Lintas Evaluasi Kemacetan di Kota Manado

Aldi Mawitjere   |   25 September 2012 – 22:04 WITA
wakil walikota

Ketua Forum Lalu Lintas Harley Mangindaan.(ist)

MANADO, (manadotoday.com) – Forum Lalu Lintas, Selasa (25/09/2012) mengelar rapat koordinasi menindaklanjuti permasalahan lalu lintas di Kota Manado akhir-akhir ini. Rapat  yang dipimpin langsug Ketua Forum Lalu Lintas yakni Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan SE MSM di ruang toar Lumimuut, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado Yohanis Waworuntu dan Kasat Lantas Polresta Manado Kompol Alpharis Patiwael.Salah satu yang dibahas adalah pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas yang dilakukan kepolisan dan Dinas Perhubungan Manado sekarang ini.

Seperti diketahui kendaraan bermotor yang terdaftar di Direktorat Lalulintas Polda Sulut hingga April 2012 mencapai 634 ribu  unit. Data tersebut tidak termasuk ribuan kendaraan yang memiliki plat nomor kendaraan dari luar daerah Sulut atau yang tidak terdaftar di Samsat.

Kendaraan roda dua atau sepeda motor mendominasi jumlah total keseluruhan dari total  634 ribu unit kendaraan bermotor yakni sebanyak 474 ribu sisanya mobil 160 ribu unit.

Konsekuensinya, jumlah jalan yang tersedia tidak lagi memadai menampung jumlah kendaraan yang terus bertambah jumlahnya. Akibatnya kemacetan pada sejumlah ruas jalan terutama jalan dipusat-pusat perbelanjaan, perkantoran dan persekolahan selalu mengalami kemacetan.

”Kita disini  untuk membahas serta mencari solusi terbaik dalam memecahkan masalah lalu lintas termasuk masalah kemacetan. Karena, masalah ini menjadi tanggung jawab kita bersama,”ujar Ai sapaan akrab Wawali disela-sela dialog.

Hadir dalam rapat tersebut perwakilan organisasi angkutan kota, Organda, pengusaha, akademisi serta pemerhati masalah transportasi kota. Dalam dialog ini juga disentil mengenai adanya penyimpangan angkot Pusat Kota – Malalayang. Dimana dari pusat kota hanya beroperasi melayani penumpang sampai di Mantos, dan bila melayani sampai di Malalayang memungut biaya tarif sebesar Rp. 4000,- s/d Rp. 5000.

Bukan hanya itu rapat ini juga mencari solusi mengurangi intensitas kepadatan arus lalu lintas yang cukup tinggi pada jam-jam tertentu di simpang miangas (patung toar lumimuut) serta upaya mengurangi kepadatan di depan Ananas (Jl. BW. Lapian), dengan rencana dilakukan rekayasa dijalan  kantor Dispenda Kota Manado.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading